Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari Ini

Pelantikan dilakukan bersamaan dengan 6 menteri baru

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik enam menteri barunya di Istana Negara, Jakarta Pusat. Pelantikan keenam menteri itu bersamaan juga dengan dilantiknya wakil menteri baru menggantikan Budi Gunadi Sadikin dan Sakti Wahyu Trenggono yang menjabat menteri.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Jokowi telah menunjuk Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN dan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

"Salah satu wamen, Pak Pahala Mansury, Wamen BUMN. Wamen Menhan Pak Herindra," kata Heru dalam keterangannya, Rabu (23/12/2020).

1. Pelantikan akan digelar pukul 09.30 WIB

Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari IniPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain para wakil menteri, Jokowi akan melantik keenam menteri barunya hari ini. Hal itu disampaikan Jokowi usai memperkenalkan satu per satu para menteri barunya pada Selasa (22/12/2020) sore kemarin.

"Pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah pada besok pagi (hari ini)," kata Jokowi.

Agenda pelantikan akan dimulai pada pukul 09.30 WIB. Bukan hanya menteri dan wakil menteri, orang nomor satu di Indonesia itu juga akan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

2. Daftar nama yang jadi wakil menteri

Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari IniPahala Mansury (ANTARA FOTO)

Adapun nama- nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini yaitu:

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
4. Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

3. Nama-nama menteri baru Jokowi

Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari IniPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memperkenalkan keenam menteri baru. Pengenalan para menteri barunya itu dilakukan di Veranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Adapun nama-nama enam menteri baru Jokowi yaitu:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

4. Makna jaket biru yang digunakan oleh para menteri baru Jokowi

Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari IniPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Saat memperkenalkan menteri-menterinya hari ini, ada yang menarik perhatian. Keenam menteri kompak mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan jaket berwarna biru.

Mengenai makna jaket biru itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin menjelaskan bahwa bahan jaket tersebut membuat nyaman para penggunanya dan bisa digunakan kapanpun dan di mana pun. Sehingga, maknanya adalah agar para menteri bisa bekerja kapan saja dengan suasana apa saja.

"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja," kata Bey kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Bey juga menyampaikan bahwa warna biru dipilih agar para menteri juga bisa semangat dan cerita. "Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat," jelasnya.

Baca Juga: Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Pengganti Terawan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya