PDIP: Koalisi Jokowi-Ma'ruf Tak Akan Rebutan Lumbung Suara

Masing-masing parpol punya basis suara berbeda

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjamin bahwa Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tidak akan berebutan suara di Jawa Barat dan Jawa Timur. 

Ia mengungkapkan bahwa kerja dari KIK adalah kekuatan teritorial. Sehingga, akan mengangkat suara satu sama lain.

1. KIK jamin tak akan rebutan suara karena basis yang berbeda

PDIP: Koalisi Jokowi-Ma'ruf Tak Akan Rebutan Lumbung SuaraIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski Jawa Timur dan Jawa Barat adalah basis suara dari partai koalisi di kubu Jokowi, namun Hasto menjamin bahwa koalisi tidak akan berebutan suara. Ia menyampaikan masing-masing partai telah memiliki basis suara yang berbeda-beda.

"Kami punya etika politik. Karena kelebihan KIK dibanding di sana (kubu Prabowo) kami tidak saling berhimpit. Antara PKB, PPP basisnya berbeda dengan PDIP dan Golkar," kata Hasto di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (17/11).

Baca Juga: Pilpres 2019, PDIP Targetkan 1 Juta Suara di Bekasi

2. Suara beberapa partai saling berhimpit

PDIP: Koalisi Jokowi-Ma'ruf Tak Akan Rebutan Lumbung SuaraIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Hasto, dari survei internal koalisi, suara Golkar, NasDem, Gerindra, dan Demokrat cukup berhimpit. Sehingga, apabila Golkar ingin menaikkan suara, lanjut Hasto, maka suara Gerindra bisa turun.

"Dan dari survei internal kami, Golkar, NasDem, kemudian Gerindra dan Demokrat itu justru berhimpit. Dengan demikian ketika Golkar mau naik, Demokrat mau naik, Nasdem mau naik, Gerindra harus turun," jelasnya.

3. Suara dari partai koalisi akan menambah kekuatan

PDIP: Koalisi Jokowi-Ma'ruf Tak Akan Rebutan Lumbung SuaraIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto menjelaskan, dalam Pilpres dan Pileg, muatan kekuatannya adalah teritorial. Sehingga, menggabungkan kekuatan dari partai koalisi.

"Dengan adanya PDIP, Golkar, PKB, NasDem, PPP, Hanura, PKPI, Perindo dan PSI yang merupakan perpaduan kekuatan udara dan darat maka kami meyakini bahwa Jawa Barat akan mengalami perubahan," ungkapnya.

Baca Juga: PDIP Targetkan 60 Persen Suara untuk Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya