Pemerintah Beri Subsidi 2,5 Juta Warga DKI Terdampak Virus Corona

Sebanyak 1,1 juta warga DKI sudah terima subsidi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan bantuan perlindungan sosial di tengah pandemik virus corona atau COVID-19 sangat membantu. Terutama, di DKI Jakarta yang menjadi wilayah penyebaran virus corona terbanyak.

Karena itu, Jokowi menyebut, pemerintah pusat akan memberikan subsidi kepada 2,5 juta warga DKI Jakarta yang terdampak virus corona. Hal itu disampaikan Jokowi, saat menggelar rapat terbatas mengenai Lanjutan Pembahasan Arus Mudik yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4).

1. Jokowi menyebut bantuan bisa membantu masyarakat bertahan hidup di ibu kota

Pemerintah Beri Subsidi 2,5 Juta Warga DKI Terdampak Virus Corona(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi memerintahkan menterinya menyiapkan bantuan perlindungan sosial kepada masyarakat terdampak virus corona. Bantuan tersebut bisa dibuat untuk bertahan hidup, khususnya di ibu kota.

"Saya melihat bantuan perlindungan sosial, stimulus ekonomi akan sangat membantu sekali dalam bertahan, terutama di ibu kota," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pemerintah Beri Subsidi 2,5 Juta Warga DKI Terdampak Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Jokowi Siapkan Libur Pengganti Mudik Lebaran Usai Wabah COVID-19 Sirna

2. Warga yang perlu mendapat bantuan sebanyak 3,6 juta

Pemerintah Beri Subsidi 2,5 Juta Warga DKI Terdampak Virus Corona(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengaku mendapatkan laporan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa terdapat 3,6 juta penduduk ibu kota yang perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah. Namun data penerima yang sudah menerima bantuan hanya 1,1 juta orang. 

"Saya kira kemarin Gubernur DKI juga sudah menyampaikan 3,6 juta perlu dimasukkan dalam jaring pengaman sosial, dan yang sudah diberikan Provinsi DKI 1,1 juta. Artinya, tinggal 2,5 juta yang perlu kita eksekusi di lapangan," tutur presiden.

3. Pemprov DKI sudah memberikan subsidi bantuan pada 1,1 juta orang

Pemerintah Beri Subsidi 2,5 Juta Warga DKI Terdampak Virus CoronaAnies Baswedan gunakan masker saat beri keterangan pers (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan Pemprov sudah memikirkan warga ibu kota yang akan terdampak penerapan social distancing guna mencegah penyebaran virus corona.

Anies menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta sudah memiliki data warga yang perlu mendapat bantuan, dan bantuan akan diberikan secara bertahap. Sedangkan, Pemprov sudah memberikan subsidi bantuan kepada 1,1 juta orang.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Anies Perpanjang Masa Darurat COVID-19 di DKI Jakarta hingga 17 Hari

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya