Comscore Tracker

Pemerintah Tak Larang Warga Mudik, Begini Penjelasan Menteri Luhut

"Orang kalau dilarang pun mau mudik saja."

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah hanya mengimbau masyarakat untuk tidak mudik saat lebaran nanti. Tidak ada larangan bagi warga yang ingin mudik.

"Pertimbangan utamanya, orang kalau dilarang pun mau mudik saja," kata Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4).

1. Meski tak dilarang, imbauan tidak mudik tetap digencarkan pemerintah

Pemerintah Tak Larang Warga Mudik, Begini Penjelasan Menteri LuhutMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pemerintah hanya memberikan imbauan terhadap masyarakat untuk tidak mudik. Ia mengatakan, pemerintah akan terus mengingatkan bahwa bisa saja orang yang mudik bisa menjadi pembawa virus corona ke kampung halaman.

"Jadi kami imbau kesadaran bahwa kalau anda mudik, pasti bawa penyakit. Hampir pasti bawa penyakit. Dan kalau bawa penyakit, di daerah bisa meninggal, bisa keluargamu. Makanya kami anjurkan tidak mudik," tutur Luhut.

2. Imbau masyarakat tidak mudik, pemerintah beri kompensasi subsidi bansos

Pemerintah Tak Larang Warga Mudik, Begini Penjelasan Menteri LuhutMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (kiri) berbincang dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebelum mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Karena adanya imbauan untuk tidak mudik, Luhut mengatakan bahwa pemerintah memberikan kompensasi berupa subsidi bantuan sosial terhadap masyarakat. Sehingga, pemerintah memang tidak memutuskan untuk lockdown.

"Karena tidak mudik maka kami beri kompensasi dan itu kami lakukan. Pertimbangan utama kami supaya ekonomi tidak mati sama sekali. Setelah kami hitung, ini pilihan yang terbaik," jelas dia.

3. Pemerintah tak lakukan lockdown karena akan berimbas pada masyarakat bawah

Pemerintah Tak Larang Warga Mudik, Begini Penjelasan Menteri LuhutMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Hingga kini, keputusan pemerintah untuk tidak melakukan lockdown karena kebijakan tersebut bisa terimbas pada masyarakat kalangan bawah. Kendati tak dilakukan lockdown, Luhut tetap mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak satu sama lain.

"Namun kalau jaga jarak tak dilakukan, ya tidak berarti. Makanya sekarang tergantung kita," kata Luhut. 

Baca Juga: Luhut: Libur Pengganti Lebaran Usai COVID-19 Kemungkinan Akhir Tahun

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya