Penanganan COVID-19, Jokowi: Manfaatkan Wisma Atlet dan Hotel BUMN

Jokowi minta rumah sakit di Pulau Galang segera diselesaikan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberi arahan kepada jajaran Kabinet Indonesia Maju terkait kontingensi penanganan virus corona. Bila diperlukan, Jokowi menyebut bahwa Wisma Atlet yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat, bisa digunakan.

Jokowi menyampaikan itu saat melakukan rapat terbatas secara online bersama Tim Gugus Tugas COVID-19, melalui siaran langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, pada Kamis (19/3).

1. Jokowi sebut kontingensi penanganan virus corona bisa gunakan Wisma Atlet atau hotel BUMN

Penanganan COVID-19, Jokowi: Manfaatkan Wisma Atlet dan Hotel BUMNIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Jokowi menyebut bahwa kapasitas di Wisma Kemayoran cukup besar. Alternatif lain, kata dia, bisa juga gunakan hotel-hotel milik BUMN.

"Bila diperlukan bisa manfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran, kapasitas cukup besar 15.000 dan hotel BUMN bisa dipakai," ujar Jokowi.

Baca Juga: Indonesia Darurat COVID-19, Jokowi Minta Ekspor Masker Dihentikan

2. Jokowi minta pembangunan rumah sakit di Pulau Galang dipercepat

Penanganan COVID-19, Jokowi: Manfaatkan Wisma Atlet dan Hotel BUMNPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jokowi mengatakan, kontingensi plan penanganan virus corona harus segera disiapkan. Tak hanya di ibu kota, di daerah pun juga disiapkan.

"Rencana kontingensi ini harus disiapkan di daerah, termasuk percepatan pembangunan RS di Pulau Galang di Kepulauan Riau," Jokowi menuturkan.

3. Jokowi ingin alat rapid test dan tempat tes diperbanyak

Penanganan COVID-19, Jokowi: Manfaatkan Wisma Atlet dan Hotel BUMNPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) bersiap memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jokowi menerangkan, rapid test digunakan agar pemerintah bisa mendeteksi lebih awal orang yang terinfeksi virus corona atau COVID-19. Selain minta alat diperbanyak, Jokowi juga menginginkan agar tempat untuk melakukan tes turut diperbanyak.

"Saya minta alat diperbanyak dan diperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes dan melibatkan rumah sakit, baik pemerintah, BUMN, Pemda, RS TNI Polri, dan swasta, dan lembaga riset yang dapatkan rekomendasi Kemenkes," kata Jokowi.

Baca Juga: Gunakan Rapid Test untuk COVID-19, Jokowi: Saya Minta Alat Diperbanyak

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya