Pengin Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana? Daftar di Situs Ini

Masyarakat juga bisa lihat lewat kanal YouTube Setpres

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Sekretariat Presiden mengajak masyarakat untuk memeriahkan pesta akbar tersebut secara virtual.

Masyarakat bisa menjadi peserta upacara secara virtual dengan mendaftarkan diri di situs pandang.istanapresiden.go.id. Selain itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, mengatakan masyarakat bisa menyaksikan peringatan detik-detik proklamasi Republik Indonesia itu melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Bisa lihat di YouTube Sekretariat Presiden. Undangan online juga ada," kata Heru saat dihubungi IDN Times, Selasa (10/8/2021).

1. Upacara kembali digelar virtual lantaran pandemik COVID-19

Pengin Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana? Daftar di Situs IniPaskibraka saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan tahun ini pemerintah akan kembali menggelar upacara peringatan 17 Agustus 1945 secara virtual karena pandemik COVID-19 belum mereda. Adapun, peserta yang hadir di Istana Negara jumlahnya terbatas, sementara masyarakat diundang mengikuti upacara melalui virtual.

"Tahun ini sebenarnya kita berharap sudah bisa luring, tapi kenyataannya pandemik masih berlanjut, sehingga pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," ujar Pratikno dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Menurut Pratikno, tahun ini acara peringatan detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih akan dilakukan seminimal mungkin seperti tahun lalu. Petugas upacara yang hadir di Istana juga terbatas.

"Namun Paskibraka tetap disiapkan dengan formasi lengkap. Seperti dulu 17-8-45. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan jarak anggota pasukan yang diperlebar dan lain-lain. Demikian juga dengan TNI-Polri," terang dia.

Baca Juga: Guys, Kamu Bisa Ikut Upacara HUT Ke-76 RI Virtual Loh! Ini Caranya

2. Pratikno berharap semarak 17 Agustus tetap meriah meski di tengah pandemik COVID-19

Pengin Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana? Daftar di Situs IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pratikno mengatakan meski pandemik masih melanda, namun semarak ulang tahun Kemerdekaan RI akan dikumandangkan selama sebulan ini. Sederet acara 17 Agustusan, kata dia, sudah ada sejak 2017.

Adapun acara-acara atau lomba yang dimaksud seperti pameran lukisan Istana, lomba memasak ikan dan lomba menghias gapura. Ia berharap, semangat Hari Kemerdekaan RI tahun ini juga tidak pudar di tengah masyarakat.

"Selama sebulan penuh seluruh rakyat Indonesia beramai-ramai merayakan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang positif, dan bukan hanya kota-kota, di desa-desa berpartisipasi. Acaranya ada festival dan acara kenegaraan setiap hari ulang tahun kemerdekaan," ucap Pratikno.

3. Sekretariat Presiden alokasikan 40 ribu undangan upacara virtual HUT ke-76 RI

Pengin Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana? Daftar di Situs IniPaskibraka saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebagai informasi, Sekretariat Presiden telah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi memeriahkan pesta akbar kemerdekaan Indonesia dengan turut serta mengikuti upacara secara virtual Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

“Kali ini kami juga kembali memberikan kesempatan, mengajak, menggugah untuk bersama-sama kita hadir di acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, seperti dikutip dari situs presidenri.go.id, Rabu (11/8/2021).

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut, dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman pandang.istanapresiden.go.id.

Sekretariat Presiden juga telah mengalokasikan sebanyak 40 ribu undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2021 mendatang. Pemohon yang mengajukan kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu diverifikasi data untuk kemudian memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya upacara secara langsung melalui konferensi video.

Baca Juga: Maknai HUT RI di Agustus, BPIP Minta Tak Ada Gaduh Politik

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya