Comscore Tracker

Persiapan Peringatan 17 Agustus, Jokowi Pantau Gladi Bersih di Istana

Jokowi hadir bersama Pangilma TNI dan Kapolri

Jakarta, IDN Times - Menjelang upacara kemerdekaan pada 17 Agustus, persiapan upacara kemerdekaan memang harus dilakukan secara matang di Istana Negara, Jakarta.

Rangkaian gladi bersih upacara kemerdekaan telah dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Semua petugas mengenakan semua atribut upacara, mulai dari petugas pengibar bendera, komando upacara, hingga petugas upacara lainnya.

Semua kesibukan tersebut membuat suasana kemerdekaan begitu terasa di Istana.

1. Jokowi memantau gladi bersih di Istana

Persiapan Peringatan 17 Agustus, Jokowi Pantau Gladi Bersih di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menjadi petugas upacara 17 Agustus tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Terutama, saat mereka berlatih, Presiden Joko "Jokowi" Widodo pun ikut memantau latihan mereka. Sebelum pukul 10.00 WIB, Jokowi tampak hadir di lokasi gladi bersih.

Saat itu, Jokowi mengenakan kemeja putih, dipadukan dengan celana hitamnya. Penampilan yang sering ia tunjukkan di depan publik. Kemudian, Jokowi duduk bersamaan dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi hanya terduduk diam sambil serius menatap para paskibraka yang tengah melakukan gladi bersih. Sesekali tangannya ia taruh di pahanya, sesekali ia mengangkat tangannya ke dagunya sambil melihat serius ke arah paskibraka. Terkadang Jokowi juga terlihat berbincang dengan Tito dan Hadi.

Baca Juga: Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru 16 Agustus 2019

2. Oso membacakan naskah Proklamasi

Persiapan Peringatan 17 Agustus, Jokowi Pantau Gladi Bersih di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain dihadiri oleh Jokowi, Panglima TNI, dan Kapolri, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (Oso) juga hadir dalam gladi bersih hari ini. Kehadiran Oso bukan hanya memantau latihan dari para paskibraka saja, melainkan ia bertugas untuk membacakan naskah Proklamasi pada upacara kemerdekaan nanti.

Satu per satu kalimat di dalam naskah Proklamasi dibacakan oleh Oso. Mimik muka serius mulai terlihat, tidak seperti pribadi dia biasanya yang suka bercanda saat wawancara bersama awak media. Suasana upacara kemerdekaan pun semakin terasa.

3. Mendikbud menjadi pembaca doa hingga lagu nasional yang akan dinyanyikan siswa-siswi dari berbagai sekolah

Persiapan Peringatan 17 Agustus, Jokowi Pantau Gladi Bersih di Istana

Tidak hanya Oso yang mendapatkan tugas khusus dalam upacara kemerdekaan RI besok, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga mendapatkan tugas dalam upacara. Tahun ini, ia bertugas sebagai pembaca doa.

Suasana upacara kemerdekaan semakin lengkap saat flypass atau terbangnya pesawat tempur oleh TNI Angkatan Udara mulai mengudara di atas Istana Merdeka dan menembus langit-langit di Jakarta.

Lagu-lagi nasional juga menggaung indah di halaman Istana Merdeka. Lagu-lagu nasional tersebut akan siap dibawakan oleh siswa-siswi dari berbagai sekolah di Jakarta.

Baca Juga: Apa Alasan Anies Gelar Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya