Pilpres 2019: Kenapa Satu Suara Begitu Penting?

Satu suara bisa menentukan masa depan negeri ini, lho!

Jakarta, IDN Times - Pemilihan presiden dan wakil presiden akan digelar pada 17 April 2019. Kalau kamu namamu sudah tertera dalam daftar pemilih tetap (DPT) pastikan kamu menggunakan hak pilihmu, ya! 

Sebab suaramu akan ikut menentukan masa depan negeri ini dalam lima tahun ke depan. Berikut alasan kenapa kamu gak boleh menyia-nyiakan satu suara yang kamu miliki.

1. Satu suara bisa tentukan kebijakan untuk kemajuan bangsa 5 tahun ke depan

Pilpres 2019: Kenapa Satu Suara Begitu Penting?IDN Times/Reza Iqbal

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, mengatakan Indonesia adalah negara demokrasi. Sehingga, satu suara bisa menentukan kebijakan bagi pemerintahan lima tahun mendatang.

"Suara yang kita berikan pada setiap pemilihan, baik pada legislatif maupun Pilpres, akan ikut berpengaruh terhadap masa depan bangsa. Kenapa? Karena dari suara itulah dilahirkan kebijakan-kebijakan yang berpengaruh penting bagi masa depan, bagi kesejahteraan, bagi kemajuan, bangsa ke depan," jelas Karding saat dihubungi IDN Times, Jumat (9/11).

Baca Juga: Yusril Sebut Prabowo Sulit Dihubungi, Ini Jawaban Sandiaga

2. Suara rakyat bisa memperkuat legitimasi pemerintah

Pilpres 2019: Kenapa Satu Suara Begitu Penting?IDN Times/Abraham Herdyanto

Lanjutnya, dengan adanya suara dari rakyat di Pileg dan Pilpres, maka akan juga memperkuat legitimasi pemerintah atau kewenangan dan keputusan yang telah diambil.

"Otomatis dengan demikian, akan memberi dampak pemerintahan bisa bekerja tanpa gangguan yang berarti karena legitimasinya kuat," ujar dia.

3. Satu suara menandakan partisipasi dalam membangun bangsa

Pilpres 2019: Kenapa Satu Suara Begitu Penting?IDN Times/Abraham Herdyanto

Dan yang terakhir, tambah Karding, satu suara dari pemilih tentu menandakan partisipasi rakyat dalam Pemilu 2019. Dan tujuannya untuk membangun bangsa yang lebih baik.

"Kita ikut menyumbangkan satu suara, berarti kita telah berpartisipasi dalam membangun bangsa," ungkapnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Satu Suara Saja Saya Kejar!

Topik:

  • Rochmanudin
  • Ita Lismawati F Malau
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya