Pilpres 2019: Nasib Anies Baswedan di Tangan Prabowo

Anies sempat meminta pertimbangan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut masuk ke dalam bursa capres dan cawapres. Salah satu partai yang digadang-gadang akan mengusung Anies adalah Partai Gerindra.

Anies kabarnya akan disandingkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono tak menampik kabar ini, namun ia mengatakan keputusan terakhir tetap ada di tangan Prabowo.

1. Anies sempat meminta pertimbangan Prabowo untuk maju di Pilpres

Pilpres 2019: Nasib Anies Baswedan di Tangan PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait dengan nama Anies yang menjadi kandidat cawapres untuk Prabowo, Ferry menjelaskan bahwa jadi atau tidaknya Anies dipasangkan dengan ketua umumnya, semua itu tergantung kepada Prabowo.

"Tapi sekali lagi, mengenai Pak Anies Baswedan ini semua juga tergantung dari Pak Prabowo Subianto. Sehingga Pak Prabowo nanti yang akan memutuskan," kata Ferry di Menteng, Jakarta, Sabtu (7/7).

Anies sempat bertemu dengan Prabowo untuk meminta restu maju mengikuti kontestasi di Pilpres 2019. "Kalau dalam logika Partai Gerindra menjadi cawapres mendampingi Prabowo atau tetap bertanggungjawab terhadap jabatannya sebagai Gubernur di Jakarta," terang Ferry.

2. Anies berpeluang untuk dicalonkan

Pilpres 2019: Nasib Anies Baswedan di Tangan PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ferry menyampaikan, alasan Partai Gerindra juga mempertimbangkan Anies karena merespons isu yang berkembang di masyarakat. Menurutnya, Anies termasuk ke dalam salah satu figur yang dianggap memiliki tingkat kemungkinan besar untuk dicalonkan.

"Karena kalau di luar partai politik bagi kami sekarang kan ada nama Pak Aher yang dari PKS, kemudian ada nama Pak Zulhas, kemudian ada nama Mas AHY dari Demokrat. Di luar itu ada nama Pak Anies Baswedan," ucapnya.

3. Prabowo masih mempertimbangkan Anies maju di Pilpres 2019

Pilpres 2019: Nasib Anies Baswedan di Tangan PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nasib Anies di dalam Pilpres 2019, semuanya berada di tangan Prabowo. Pasalnya, dijelaskan oleh Ferry, Anies adalah salah satu figur yang tahu persis posisinya saat berhadapan dengan Prabowo.

"Di beberapa kesempatan, Anies menyampaikan dia gak akan mengingkari komitmennya dengan Prabowo. Jadi ini juga merupakan suatu kebijaksanaan yamg harus diambil Pak Prabowo juga, kalau Pak Prabowo mau mengikhlaskan Pak Anies, tapi kan itu belum tentu," tuturnya.

Tambahnya, pertimbangan Prabowo sendiri karena mendengarkan aspirasi warga Jakarta bahwa Anies-Sandi harus tetap bertanggungjawab di Jakarta.

Baca Juga: Ramai di Medsos, Benarkah Suhu di Bandung Sentuh 18 Derajat Celsius?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya