PKB Bantah Isu Menpora Imam Nahrawi Mundur dari Kabinet

Imam siang tadi menemui Jokowi di Istana

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dikabarkan akan mundur dari Kabinet Kerja. Isu tersebut muncul usai Imam mengakui telah menggunakan anggaran dari sekretariat Kemenpora untuk umrah.

Isu mundurnya Imam semakin menguat ketika siang tadi ia menemui Jokowi di Istana. Namun, Imam membantah pertemuan itu terkait soal posisinya di kabinet.

"Silaturhami," kata Imam usai menemui Jokowi di Istana hari ini, Selasa (30/4).

1. Karding sebut kedatangan Imam ke Istana untuk membicarakan Sea Games 2019

PKB Bantah Isu Menpora Imam Nahrawi Mundur dari KabinetIDN Times/Fitang Budhi

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding pun membantah. Ia mengatakan bahwa kedatangan Imam ke Istana bukan untuk mengundurkan diri. 

"Sudah konfirmasi ke Mas Imam. Mas imam ke Istana, melaporkan rencana SEA Games 2019 di Filiphina," kata Karding saat dihubungi IDN Times, Selasa (30/4).

2. Imam akui umrah gunakan dana Kemenpora

PKB Bantah Isu Menpora Imam Nahrawi Mundur dari Kabinet(Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sebelumnya, Imam menjadi saksi untuk terdakwa Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ending Fuad Hamidy dalam persidangan yang digelar pada Senin (29/4). Kendati ia sudah tiba sejak pagi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, namun Menteri dari PKB tersebut baru memberikan kesaksian sekitar jam 19:00 WIB. 

Salah satu poin yang ditanyakan yakni mengenai kegiatan umrah yang ia jalani pada 2018 lalu. Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ingin mencari tahu apakah dana yang digunakan Imam untuk umrah memang menggunakan dana dari Kemenpora atau dana pribadi. 

"Apa ada anggaran untuk umrah di Kemenpora?" tanya JPU KPK Budi Agung Nugroho di Pengadilan Tipikor semalam seperti dikutip dari Antara. 

"Tidak," kata Imam. 

"Tapi, Anda berangkat menggunakan anggaran dari Kemenpora?" tanya jaksa Budi lagi. 

"Iya," tutur Imam.

Baca Juga: KPK Panggil Menpora Imam Nahrawi Hari Ini Terkait Suap Dana Hibah 

3. Menpora Imam berangkat ke Arab Saudi bersama rombongan dari Kemenpora

PKB Bantah Isu Menpora Imam Nahrawi Mundur dari KabinetIDN Times/Margith Julia Damanik

Di hadapan majelis hakim, Imam mengatakan ia berangkat ke Jeddah, Arab Saudi pada pertengahan November 2018. Ia mengaku diundang oleh Federasi Paralayang Asia. 

"Saya berangkat ke Jeddah dan oleh pemuda-pemuda PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama). Saya tentu diundang dan tentu siapa pun yang Muslim apabila ke Jeddah, sekalian menunaikan umrah," kata Imam. 

Ia mengaku berangkat ke Saudi dengan menggunakan anggaran dari Sekretariat Kemenpora. Walaupun, Imam tak menepis tak ada anggaran khusus yang disiapkan di Kemenpora apabila ada pegawainya yang ingin umrah. 

"Sementara, untuk keberangkatan deputi menggunakan anggaran di masing-masing kedeputiannya," kata dia lagi. 

Salah satu Deputi yang ikut umrah adalah Mulyana yang turut menjadi tersangka dalam kasus suap yang sama. "Semua deputi ada untuk (menunaikan ibadah) umrah," katanya. 

Baca Juga: Jadi Saksi di Sidang, Menpora Imam Akui Umrah Pakai Anggaran Kemenpora

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya