Prabowo Akan Hadir di Kongres ke-5 PDIP, Tanda Koalisi?

Prabowo dapat undangan saat bertemu Megawati

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Pusat nonaktif PDI Perjuangan, Puan Maharani, memastikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan hadir di Kongres ke-5 PDIP di Bali. Puan mengatakan, undangan sudah diberikan dan Prabowo akan hadir.

Wacana hadirnya Prabowo di Kongres ke-5 PDIP mulai mencuat saat Prabowo bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Rabu, 24 Juli 2019.

Baca Juga: Resmi Jadi Jubir Prabowo dan Kader Gerindra, Begini Kata Dahnil Anzar

1. Prabowo akan hadir jika tidak berhalangan

Prabowo Akan Hadir di Kongres ke-5 PDIP, Tanda Koalisi?IDN Times/Irfan Fathurohman

Puan mengungkapkan, PDIP telah mengundang secara resmi Prabowo menghadiri Kongres V. Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu pun menyatakan akan hadir.

"Kami undang Beliau (Prabowo) dan Beliau menyampaikan kalau tidak ada hal-hal yang tidak bisa, Beliau akan hadir. Cuma saya belum dapat konfirmasi selanjutnya menjelang kongres ke depan," kata Puan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (5/8).

2. Undangan diberikan kepada Prabowo saat bertemu Megawati

Prabowo Akan Hadir di Kongres ke-5 PDIP, Tanda Koalisi?Dok.IDN Times/Istimewa

Puan menyampaikan, undangan Kongres V PDIP diberikan kepada Prabowo ketika hadir menemui ibundanya. Terkait apakah PDIP juga akan mengundang ketua umum (ketum) partai yang ada di koalisi Prabowo, Puan belum bisa memastikannya.

"Bisa seluruh ketum, bisa juga Pak Prabowo aja. Ini kan undangannya waktu saat makan nasi goreng bareng-bareng," terangnya.

3. Mungkinkan Gerindra gabung koalisi Jokowi?

Prabowo Akan Hadir di Kongres ke-5 PDIP, Tanda Koalisi?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tentang kelanjutan isu Gerindra yang akan bergabung di koalisi pemerintah, Puan mengatakan, belum ada pembahasan ke arah sana. Saat ini, lanjut dia, fokusnya hanya pada persatuan.

"Belum ada. Semua sekarang lagi fokus urusan bagaimana nanti kita merayakan 17 Agustus dengan meriah dan kebersamaan sebagai bangsa Indonesia," ucap Puan.

Baca Juga: Ini Tujuan Jokowi Utus Luhut Bertemu Prabowo Subianto

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya