Prabowo: Siapa yang Mau Mengganti Pancasila, Berhadapan dengan Saya!

Prabowo kampanye di tanah kelahiran ibunya, Manado

Manado, IDN Times - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka di Manado, Sulawesi Utara. Di hadapan ribuan rakyat yang menyambutnya, Prabowo pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan pernah mengganti Pancasila sebagai landasan negara. Sebaliknya, bila ada pihak yang mau mengganti Pancasila, maka ia menantang agar pihak tersebut berhadapan dengannya.

1. Prabowo menegaskan, mereka yang ingin mengganti ideologi bangsa harus berurusan dengannya

Prabowo: Siapa yang Mau Mengganti Pancasila, Berhadapan dengan Saya!Dok.IDN Times/BPN Prabowo-Sandiaga

Dalam sambutannya, Prabowo menegaskan tentang kesetiaannya terhadap Pancasila dan NKRI. Bahkan, ia mengancam jika ada pihak yang ingin merusak dan mengganti ideologi bangsa, maka akan berurusan dengannya.

"Siapa yang mau mengubah negara ini, siapa yg mau mengganti Pancasila akan berhadapan dengan saya," ujar Prabowo di Lapangan Ternate Baru, Kota Manado, Minggu (24/3).

Baca Juga: Prabowo Unggah Foto dan Doa untuk Putra Tunggalnya

2. Prabowo mengaku ia sudah mengabdi pada NKRI sejak berusia 18 tahun

Prabowo: Siapa yang Mau Mengganti Pancasila, Berhadapan dengan Saya!Dok.IDN Times/BPN Prabowo-Sandiaga

Prabowo pun menyampaikan, sejak usia 18 tahun dirinya sudah mengabdikan diri untuk NKRI. Pengabdiannya adalah dengan cara masuk militer. Sehingga, ia mengatakan agar rakyat tidak perlu meragukan lagi tentang kesetiannya terhadap NKRI.

"Saya dari umur 18 tahun, sudah teken siap mati untuk negara ini. Saya tidak rela NKRI hancur. Saya bersama bapak-bapak purnawirawan ini, kami ingin persembahkan hidup kami untuk bumi pertiwi, untuk kebahagiaan rakyat Indonesia," kata Prabowo.

3. Pancasila untuk mempertahankan toleransi

Prabowo: Siapa yang Mau Mengganti Pancasila, Berhadapan dengan Saya!ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Menurut Prabowo, dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, Indonesia bisa jauh dari perpecehan. Prabowo menyebut bahwa ia tak ingin Indonesia sampai terpecah belah.

"Perjuangan kita untuk mempertahankan negara Pancasila, untuk mepertahankan toleransi. Kami yakin Indonesia bangkit," kata Prabowo.

4. Manado dipilih sebagai tempat kampanye karena merupakan tempat kelahiran ibu Prabowo

Prabowo: Siapa yang Mau Mengganti Pancasila, Berhadapan dengan Saya!Dok.IDN Times/BPN Prabowo-Sandiaga

Manado dipilih oleh Prabowo karena ibunya, Dora Marie Sigar, berasal dari Manado dan lahir di sana. Sehingga, ketika dia berkampanye di Manado, Prabowo menyebut dirinya seperti pulang kampung.

"Saya memilih mengawali kampanye terbuka saya datang ke tanah Minahasa. Kampanye terbuka pertama yang saya pilih tanah kelahiran ibu saya, dalam darah saya mengalir darah Minahasa," ujarnya.

Baca Juga: Kampanye Terbuka di Manado, Prabowo: Ini Tanah Kelahiran Ibu Saya 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya