Comscore Tracker

Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari Ini

Wah di Kaltim bukan ya?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya akan umumkan lokasi ibu kota baru Indonesia. Sebelumnya, Jokowi sempat meminta izin di hadapan anggota parlemen saat hadir di Sidang Tahunan MPR RI 2019, pada 16 Agustus lalu.

Dalam sidang tersebut, Jokowi juga sudah membocorkan bahwa pulau yang dipilih sebagai lokasi ibu kota negara adalah Kalimantan. Namun, lokasi tepatnya belum ia ungkap.

Baca Juga: 3 Kawasan Kandidat Kuat Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur

1. Jokowi umumkan ibu kota baru hari ini

Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari IniSetneg.go.id

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden yang berjudul "Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru", disebutkan bahwa Jokowi pada hari ini akan umumkan lokasi ibu kota yang baru.

Pada akhir video berdurasi satu menit itu, disampaikan bahwa pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung hari ini oleh akun Sekretariat Presiden.

2. Jokowi minta izin di hadapan anggota parlemen akan pindahkan ibu kota ke Kalimantan

Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari IniANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam Sidang Tahunan MPR RI, Jokowi memang belum secara spesifik menyampaikan lokasi ibu kota baru. Ia hanya mengatakan bahwa ibu kota baru akan dipindahkan ke Kalimantan.

"Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak, Ibu, anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi.

3. Sofyan Djalil sebut lokasi ibu kota di Kalimantan Timur

Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sofyan Djalil sebelumnya juga secara blak-blakan mengatakan lokasi calon ibu kota negara yang baru. Hal itu dia ungkapkan saat menjawab pertanyaan wartawan soal lokasi ibu kota baru.

Saat itu wartawan mempertanyakan soal kepastian tanah yang akan digunakan untuk pembangunan pusat pemerintahan. Dia menjawab bahwa tanahnya saat ini masih belum dikunci pemerintah.

"Begitu diputuskan di mana lokasinya akan kita kunci," ujarnya di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

Selanjutnya, Sofyan ditanya soal lokasi tanah tersebut bahwa ada di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Dirinya pun membenarkan pertanyaan tersebut.

"Iya Kaltim benar tapi belum tahu, lokasi spesifiknya di mana yang belum," ungkapnya.

Baca Juga: Jatamnas: Pemindahan Ibu Kota Negara Bisa Jadi Pintu Masuk Mafia Lahan

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You