Presiden Jokowi Godok Rencana Penambahan Lembaga Baru

Kira-kira lembaga independen atau terintegrasi ya?

Jakarta, IDN Times - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan saat ini pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo tengah menggodok pembentukan lembaga baru. Namun, masih belum dipastikan berapa banyak lembaga baru yang akan dibentuk oleh pemerintah.

Baca Juga: Jokowi Bersyukur 3 Tahun Berturut-turut Dapat WTP dari BPK

1. Pemerintah masih menggodok apakah lembaga baru independen atau terintegritas

Presiden Jokowi Godok Rencana Penambahan Lembaga BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pratikno menjelaskan, saat ini pemerintah masih mengolah rencana penambahan lembaga baru. Nantinya, akan diolah apakah lembaga baru tersebut independen atau terintegritas.

"Belum, belum. Masih diolah terus. Artinya apakah lembaga itu berdiri sendiri, atau terintegrasi dengan lembaga yang ada. Itu yang masih digodok terus," ujar Pratikno di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

2. Ada beberapa tim yang lakukan penggodokan pada rencana penambahan lembaga baru

Presiden Jokowi Godok Rencana Penambahan Lembaga Baru

Menurut Pratikno, saat ini ada beberapa tim yang bekerja untuk penggodokan lembaga baru itu. Pada setiap periode penggodokan, lanjutnya, selalu ada prioritas.

"Tapi prinsipnya adalah setiap periode itu selalu ada prioritas. Pak Presiden kan begitu, selalu ada prioritas tertentu yang lebih diutamakan. Misalnya infrastruktur, habis ini SDM. Itu selalu begitu," kata dia.

3. Pratikno berharap lembaga diisi oleh SDM yang tepat

Presiden Jokowi Godok Rencana Penambahan Lembaga BaruANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Namun, Pratikno masih enggan memberi tahu berapa lembaga yang sedang direncanakan. Ia berharap nantinya lembaga baru tersebut bisa didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang tepat.

"Oleh karena itu, akan didukung lembaga-lembaga yang tepat dan personel yang tepat juga. Tapi itu semua juga masih dalam pembahasan," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Segera Lantik 44 Pimpinan Lembaga Baru 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya