Comscore Tracker

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat Pagi Ini 

Jokowi akan berangkat pukul 07.30 WIB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bakal meninjau lokasi gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, pada Selasa (19/1/2021). Ia dijadwalkan akan bertolak ke Sulawesi Barat pukul 07.30 WIB.

Orang nomor satu di Indonesia itu sebelumnya juga sudah mengunjungi wilayah yang terdampak bencana banjir di Kalimantan Selatan. Kunjungan tersebut dilakukan Jokowi pada Senin, 18 Januari 2021 kemarin.

1. Jokowi akan kunjungi tempat pengungsian korban gempa

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat Pagi Ini Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, ada beberapa lokasi yang akan dikunjungi Jokowi hari ini, salah satunya tempat pengungsian masyarakat yang terdampak gempa.

"Kantor gubernur, tempat pengungsian dan rumah-rumah warga yang kena gempa, serta korban gempa," kata Heru dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Kalsel, Tinjau Pengungsi dan Lokasi Terdampak Banjir

2. Sebanyak 81 orang meninggal, 1.150 unit rumah dan 15 unit sekolah rusak akibat gempa

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat Pagi Ini Sebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, data terbaru korban meninggal akibat gempa M 6,2 di Sulawesi Barat bertambah menjadi 81 orang.

"(Sebanyak) 70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Senin, 18 Januari 2021.

Berdasarkan data yang diperoleh Pusat Pengendali Operasi BNPB pada Minggu, 17 Januari 2021 pada pukul 20.00 WIB, tercatat ada beberapa kerugian yang diakibatkan gempa tersebut, antara lain 1.150 unit rumah serta 15 unit sekolah mengalami kerusakan.

Sampai saat ini, BPBD Kabupaten Majene, BPBD Kabupaten Mamuju, dan BPBD Kabupaten Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan pendirian tempat pengungsian yang berkoordinasi dengan TNI/Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas, relawan, dan instansi terkait dalam upaya mencari korban terdampak gempa.

3. Bantuan telah disalurkan BNBP

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat Pagi Ini Posko Stadion Manakerra, Mamuju (Dok. Kemensos)

Demi memenuhi kebutuhan para pengungsi, BNBP menyalurkan bantuan logistik ke Kelurahan Malunda, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene berupa 140 dus mi instan dan 10 dus air mineral dua hari yang lalu.

Bantuan lain yang telah didistribusikan berupa delapan set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, lima unit lampu menara, 200 unit velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 masker kain, 700 pak mi sagu dan 30 unit generator set 5 KVA.

BNPB juga telah menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempa Sulawesi Barat Rp4 miliar pada Sabtu  lalu. Bantuan tersebut diserahkan Rp2 miliar untuk Provinsi Sulawesi Barat, dengan rincian Rp1 miliar untuk Kabupaten Mamuju dan Rp1 miliar lainnya bagi Kabupaten Majene.

Baca Juga: Pasca Gempa di Mamuju Sulbar, 19.435 Orang Telah Mengungsi

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya