Comscore Tracker

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Jokowi juga akan bertemu korban terdampak erupsi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo  bertolak menuju Jawa Timur guna meninjau korban erupsi Gunung Semeru. Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (7/12/2021), sekitar pukul 07.00 WIB.

"Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU," demikian tulis keterangan Sekretariat Presiden.

1. Jokowi akan tinjau sejumlah lokasi terdampak erupsi

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi SemeruPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Di Lumajang, Jokowi diagendakan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Usai peninjauan, ia akan kembali ke Jakarta pada sore hari.

Dalam kunjungan kerjanya hari ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Juga: BNPB: Status Tanggap Darurat Erupsi Semeru hingga 3 Januari 2022 

2. Jokowi akan temui masyarakat terdampak erupsi Semeru

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi SemeruWarga melihat material awan panas erupsi Gunung Semeru yang mengalir di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan. Jokowi akan meninjau beberapa titik saat di lokasi bencana. Salah satunya adalah posko tempat masyarakat mengungsi.

“Titik-titik lokasi yang akan ditinjau, posko-posko yang sudah didirikan oleh BNPB dan gubernur maupun pangdam, TNI-Polri serta dapur umum yang telah disiapkan Menteri Sosial,” ujar Heru dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

3. Jokowi akan tinjau rumah sakit tempat korban Semeru dirawat

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi SemeruJalur material awan panas letusan Gunung Semeru yang membuat jembatan putus di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga akan meninjau rumah sakit, tempat para korban erupsi dirawat.

“Beliau akan meninjau ke tempat itu dan mungkin jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi posko-posko itu, rumah sakit yang saat ini sedang ada dua atau tiga korban yang terkena panas erupsi,” tutur Heru.

Baca Juga: BNPB Beri Uang Sewa Hunian Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya