Hari Ini Presiden Jokowi akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Patimban ditargetkan selesai pada 2027

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan meninjau langsung progres pembangunan Pelabuhan Patimban yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Jumat (29/11). Ini merupakan proyek strategis dan anggaran yang nominalnya besar. 

Data dari Kementerian Perhubungan menyebut pembangunan fase tahap pertama yang dimulai sejak Agustus 2018 lalu menelan biaya Rp9 triliun. Konfirmasi bahwa pembangunan pelabuhan yang bermitra dengan Pemerintah Jepang itu akan ditinjau oleh Jokowi disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan. 

"Pada hari Jumat, Presiden Jokowi beserta Menteri Perhubungan akan melakukan tinjauan langsung ke Pelabuhan Patimban. Presiden akan meninjau sejauh mana progres pembangunan pelabuhan ini," kata Hengki melalui keterangan tertulis pada Kamis (28/11). 

Lalu, kapan rencananya pelabuhan itu bisa mulai dioperasikan?

1. Soft operational Pelabuhan Patimban direncanakan pada Juni 2020

Hari Ini Presiden Jokowi akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan PatimbanIDN Times/Shemi

Pelabuhan Patimban merupakan proyek strategis nasional yang bekerjasama dengan Jepang, dan sedang dikebut penyelesaiannya oleh Kementerian Perhubungan. Pembangunan pelabuhan ini, kata Kemenhub, dilakukan untuk memperbaiki kinerja logistik dan investasi. Pada akhirnya diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.  

Dalam keterangan tertulisnya, Hengki mengatakan bahwa soft operational Pelabuhan Patimban direncanakan pada Juni 2020. Kegiatan soft operasionalnya terdiri dari pengoperasian car terminal atau atau terminal untuk bongkar muat kendaraan dan terminal petikemas, yang merupakan bagian dari pembangunan pelabuhan tahap I yang terdiri dari dua fase.

"Secara keseluruhan, pembangunan tahap I fase 2 dijadwalkan rampung akhir 2020," ujar Hengki.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bakal Terapkan Konsep Millennial di Kawasan Rebana

2. Pelabuhan Patimban ditargetkan selesai pada 2027

Hari Ini Presiden Jokowi akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan PatimbanIDN Times/Shemi

Pembangunan Pelabuhan Patimban dilakukan secara bertahap, dimulai pada tahun 2018 dan ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun 2027. Pembangunannya dilaksanakan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3,5 juta peti kemas (TEUS) dan 382.000 kendaraan bermotor (CBU) per tahun. Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5,5 juta TEUS dan pada tahap ketiga akan meningkat hingga 7,5 juta Teus.

Kehadiran Car Terminal di Pelabuhan Patimban ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya untuk ekspor-impor kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Selama ini, kendaraan berat termasuk angkutan ekspor-impor kendaraan menyumbang pada kemacetan lalu lintas khususnya ruas antara Bekasi-Tanjung Priok, Jakarta," kata Hengki.

3. Kehadiran Pelabuhan Patimban diharapkan bisa mengurangi biaya logistik

Hari Ini Presiden Jokowi akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan PatimbanPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pimpin rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 21 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain itu, kata Hengki, pemerintah berharap dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban secara keseluruhan, maka dapat mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan, memperkuat ketahanan ekonomi dan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas (ekspor-impor) kendaraan di Tanjung Priok di Jakarta. Caranya, dengan pembagian arus lalu lintas kendaraan, serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi minyak dan gas.

Baca Juga: Potret Keindahan Pelabuhan Juwana di Kabupaten Pati

Topik:

Berita Terkini Lainnya