Presiden Lantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB di Istana Negara

Pelantikan Kepala BNPB dihadiri sejumlah pejabat negara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pagi ini melantik Doni Monardo sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, pagi ini, Rabu (9/1), mulai pukul 09.00 WIB.

Selain Presiden Jokowi, acara pelantikan ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Ketua DPR, Wakil Ketua MPR, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Jokowi langsung memimpin jalannya pelantikan.

Doni sempat akan dilantik pada Rabu, 2 Januari 2019. Namun, karena Jokowi harus meninjau korban tsunami di Lampung, pelantikan tersebut ditunda.

1. Jokowi membacakan sumpah jabatan Doni sebagai kepala BNPB

Presiden Lantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB di Istana Negara

Jokowi memasuki ruang pelantikan sekitar pukul 09.05 WIB, didampingi Jusuf Kalla dan berdiri di hadapan Doni yang sudah siap dilantik. Presiden pun bertanya kepada Doni, apakah dirinya bersedia diambil sumpah jabatan sesuai agamanya?

"Siap, bersedia," jawab Doni, tegas.

2. Doni mengucap sumpah jabatannya

Presiden Lantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB di Istana Negara

Jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan secara perlahan dan diikuti Doni.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD negara RI 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selururus-lurusnya, demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Doni mengikuti ucapan Presiden.

"Bahwa saya dalam mejalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut Doni.

3. Pelantikan kepala BNPB dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara

Presiden Lantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB di Istana Negara

Pelantikan Doni sebagai kepala BNPB ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019/ tentang pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Adapun pejabat yang hadir dalam pelantikan ini di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menko Polhukam Wiranto, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Menko PMK Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Baca Juga: 6 Fakta Doni Monardo, Calon Kepala BNPB yang Akan Dilantik Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya