Comscore Tracker

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Jokowi juga menerima ucapan selamat dari kepala negara lain

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan dirinya telah mendapatkan ucapan selama dari sejumlah pemimpin negara atas terselenggaranya Pemilu damai di Indonesia.

Selain ucapan selamat atas pemilu damai, Jokowi menyebut para pemimpin negara tersebut juga mengucapkan selama atas kunggulannya di hasil penghitungan cepat atau quick count yang digelar sejumlah lembaga survei kredibel. 

1. Para pemimpin negara ucapkan selamat kepada Indonesia yang berhasil menggelar pemilu

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ucapkan Selamat Kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengungkapkan bahwa siang tadi, beberapa pemimpin negara seperti PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, mengucapkan selamat kepada Jokowi karena Indonesia telah berhasil melaksanakan Pemilu serentak dengan damai.

"Dan Juga 22 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas berlangsungya pesta demokrasi besar di negara kita Pileg maupun Pilpres," ujar Jokowi di Resto Pelataran, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Baca Juga: Jokowi Utus Seseorang Bertemu Prabowo

2. Pemimpin negara lain ucapkan selamat atas keunggulan Jokowi di quick count

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ucapkan Selamat Kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain mengucapkan selamat karena Indonesia berhasil menggelar pemilu damai, para pemimpin negara tersebut juga mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Iya lah (diucapkan selamat atas kemenangan), iya lah," ungkap Jokowi sambil tertawa.

"Beliau ucapkan selamat untuk masyarakat Indonesia dan juga kepada Jokowi-KH Ma'ruf Amin atas keberhasilan Pemilu 17 april kemarin," lanjutnya.

3. Para pemimpin negara kagum dengan Indonesia yang berhasil menggelar pemilu

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ucapkan Selamat Kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurutnya, para pemimpin negara tersebut mengucapkan selama kepada Jokowi karena pemilu Indonesia termasuk pemilu yang besar dan rumit. Oleh karena itu, para pemimpin negara kagum terhadap Indonesia yang berhasil menggelar pemilu.

"Ini sebuah pemilu besar yang kalau mungkin negara lain melihat itu betul-betul sangat kagum, dan tingkat partisipasi yang hampir 81 persen itu juga sesuatu yang sangat tinggi sekali," terang dia.

Baca Juga: Jokowi Menang Quick Count, Walikota Solo Cukur Gundul

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You