Comscore Tracker

Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Ini Jalan Tol Penting Sekali

Jokowi soroti penyebab lambatnya pengerjaan Tol Cisumdawu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyoroti lambatnya pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat. Padahal menurut Jokowi keberadaan tol tersebut sangat penting.

"Ini jalan tol penting sekali tapi terhambat. Saya melihat ada proses pembebasan lahannya yang terhambat," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (7/7/2020).

1. Hambatan pembangunan tol salah satunya karena adanya masalah pengembalian dana talangan tanah

Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Ini Jalan Tol Penting SekaliDok. Biro Pers Kepresidenan

Mengenai hambatan pembangunan Tol Cisumdawu itu, Jokowi mengatakan salah satunya karena masalah pengembalian dana talangan tanah yang terhambat. Hal itu pun karena terkendala masalah administrasi.

"Coba nanti saya ingin dengar masalah ini dan ini agar segera diselesaikan terutama Kementerian ATR/BPN," ucap Jokowi.

2. Hambatan terjadi karena belum lengkapnya aturan teknis pelaksana

Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Ini Jalan Tol Penting SekaliDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi juga menilai permasalahan ini terjadi karena masih belum lengkapnya peraturan teknis pelaksana, baik di Kementerian ATR/BPN maupun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati," jelasnya.

3. Jokowi ingin kendala teknis dan aturan harus dilihat per kasus

Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Ini Jalan Tol Penting SekaliKunjungan Presiden Jokowi ke Jawa Tengah. www.presidenri.go.id

Jokowi lalu mengatakan kendala aturan teknis dan prosedur administrasi selalu terjadi berulang-ulang. Ia pun ingin penyelesaiannya harus dilihat per kasus.

"Penyelesaiannya secara kasus per kasus, tidak kita buat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. Sebetulnya solusinya itu," tuturnya.

Baca Juga: Melihat Kesunyian Bandara BIJB Kertajati Akibat Pandemi Virus Corona

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya