Resmi! Andika Perkasa Dilantik Jokowi sebagai KSAD

Pangkat Andika Perkasa naik menjadi jenderal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pagi ini melantik Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana, Kamis (22/11).  

Pelantikan tersebut dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Dengan jabatan baru, pangkat Andika pun dinaikkan menjadi jenderal. 

1. Andika mengucap sumpah jabatan

Resmi! Andika Perkasa Dilantik Jokowi sebagai KSADDok. IDN Times/Istimewa

Dipimpin oleh Jokowi, Andika pun mulai mengucap sumpahnya sebagai KSAD. Dengan berdiri tegak di hadapan Jokowi, ia sedikit demi sedikit mengikuti perkataan Jokowi dan mengucapkan sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Andika saat ucapkan sumpah di Istana Negara, Kamis (22/11).

Dia melanjutkan pembacaan sumpah dan berkata, "Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan setia menjunjung tinggi Sumpah Prajurit." 

Baca Juga: Siapa Andika Perkasa yang Bakal Dilantik Presiden Jokowi Jadi KSAD

2. Keputusan pengangkatan Andika tertuang dalam Keputusan Presiden RI

Resmi! Andika Perkasa Dilantik Jokowi sebagai KSADANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Keputusan pengangkatan Andika menjadi KSAD tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 98/TNI Tahun 2018 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi Perwira TNI.

Dan juga Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 97/TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD ditetapkan 22 November 2018.

3. Siapakah Andika Perkasa?

Resmi! Andika Perkasa Dilantik Jokowi sebagai KSADANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Andika merupakan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropiyono. Kariernya di militer terbilang cemerlang. Sejak 13 Juli 2018, ia resmi menjabat sebagai Pangkostrad. 

Andika mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di Kopassus Grup 2 /Para Komando dan Satuan-81 /Penanggulangan Teror (Gultor) selama 12 tahun. Setelah penugasan di Departemen Pertahanan dan Mabes TNI AD, ia kembali bertugas di jajaran Korps Baret Merah sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3 /Sandhi Yudha. 

4. Karier Andika melesat di masa Jokowi

Resmi! Andika Perkasa Dilantik Jokowi sebagai KSADANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Karier Andika melesat sejak Joko "Jokowi" Widodo menjadi presiden. Andika diangkat menjadi Komando Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) dengan pangkat Mayor Jenderal pada 22 Oktober 2014, tepatnya dua hari setelah pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. 

Dua tahun berselang, Andika menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII Tanjungpura dengan pangkat Letnan Jenderal.  

Pada awal 2018, Andika menjabat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD. Enam bulan kemudian, ia diangkat sebagai Pangkostrad. 

Baca Juga: Prabowo Sebut Gaji Guru, TNI, Polri Terlalu Kecil

5. Andika dinilai memiliki banyak prestasi

Resmi! Andika Perkasa Dilantik Jokowi sebagai KSADPendidikan militer (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Selain berprestasi di dunia militer, Andika Perkasa juga dianggap memiliki rekam jejak pendidikan yang cemerlang. Gelar di belakang namanya mulai dari S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., hingga Ph.D sudah ia raih.  

Pria kelahiran Bandung 21 Desember 1964 itu merupakan lulusan Akademi Militer 1987. Karier awalnya dimulai di Kopassus dari 1987 hingga 2000. Ia kemudian menduduki jabatan beragam, mulai Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam Departemen Pertahanan pada 2000, hingga Kadispen TNI AD pada 2013.

Andika pernah mengenyam pendidikan militer di sejumlah perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat antara lain Norwich University, National Defense University Washington D.C, Harvard University, dan The George Washington University. 

Di Indonesia, Andika mengenyam pendidikan pendidikan militer di Akademi Militer (Akmil) kecabangan Infanteri (1987), dan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) sebagai lulusan terbaik Susreg XXXVII 1999/2000. 

Selama berkarier di dunia militer, Andika pernah meraih penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, sebuah tanda kehormatan yang dikeluarkan TNI AD untuk anggota korpsnya di bidang militer, yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok. 

Selain itu, Andika juga pernah meraih penghargaan Bintang Yudha Dharma Pratama. Sebuah tanda kehormatan yang dikeluarkan angkatan bersenjata yaitu Kapolri dan TNI secara bersama. 

Baca Juga: Prabowo Terharu Dukungan Titiek dan 650 Istri Purnawirawan TNI Polri 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya