Resmikan RSUP Pertama di Indonesia Timur, Ini Harapan Jokowi

Jokowi harap masyarakat Indonesia Timur bisa dilayani

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan RSUP dr J Leimena di Ambon, Kamis (25/3/2021). Dikutip dari situs Sekretariat Presiden, RSUP dr J Leimena adalah RSUP pertama di Indonesia Timur. Jokowi mengatakan, peletakan batu pertama atau groundbreaking RSUP dr J Leimena dilakukan pada 2017 lalu, dan baru diresmikan tahun ini.

"Setelah groundbreaking di tahun 2017, pada hari ini juga telah kita lihat telah selesai Rumah Sakit dr Johannes Leimena di Ambon," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/3/2021).

1. Jokowi harap masyarakat bagian timur bisa dilayani di RSUP dr J Leimena

Resmikan RSUP Pertama di Indonesia Timur, Ini Harapan JokowiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Kota Ambon (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan RSUP dr J Leimena adalah rumah sakit yang besar. Ia berharap, RSUP tersebut ke depannya bisa memberikan layanan prima bagi masyarakat, khususnya di Kota Ambon.

"Kita harapkan ini akan memberikan layanan kesehatan yang prima untuk masyarakat di Indonesia bagian timur, utamanya di Provinsi Maluku dan lebih khusus lagi untuk Kota Ambon, ini adalah rumah sakit yang sangat besar, sehingga kita harapkan Indonesia bagian timur bisa dilayani di Rumah Sakit dr Johannes Leimena," ucap Jokowi.

Baca Juga: Kunker ke Maluku, Jokowi Tinjau Pelabuhan dan Temui Nelayan

2. Jokowi sebut sudah ada 30 orang di Ambon yang divaksinasi COVID-19

Resmikan RSUP Pertama di Indonesia Timur, Ini Harapan JokowiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Kota Ambon (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain meresmikan rumah sakit, Jokowi juga meninjau proses vaksinasi massal yang dilakukan di RSUP tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan proses vaksinasi di RSUP Johannes Leimena ini dilakukan kepada pelayan publik, masyarakat lanjut usia, dan juga tokoh-tokoh agama. Ia berharap jumlah masyarakat yang divaksinasi bisa lebih banyak.

"Yang tadi disampaikan oleh gubernur bahwa di seluruh Provinsi Maluku telah divaksinasi sebanyak 116 ribu dan khusus di Kota Ambon kurang lebih 30 ribu yang telah divaksinasi," ujar Jokowi.

3. Jokowi tinjau vaksinasi massal hingga berdialog dengan para nelayan

Resmikan RSUP Pertama di Indonesia Timur, Ini Harapan JokowiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Halmahera Utara (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pada hari ini, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Maluku. Agenda kunjungan kerja Jokowi kali ini untuk meninjau Pelabuhan Yos Sudarso, meresmikan RSUP, hingga peninjauan vaksinasi massal di Kota Ambon.

Jokowi juga meninjau vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi para petugas atau pekerja publik di pelabuhan yang terdiri atas pegawai dari PT Pelni, PT Pelindo, dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan).

Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, Kota Ambon, untuk meninjau jalannya vaksinasi massal bagi para tokoh agama, tenaga pengajar dan kependidikan, hingga pekerja publik. Jokowi turut meresmikan RSUP pertama di kawasan Indonesia Timur tersebut.

Kemudian, Jokowi menuju Kediaman Raja Hitu, Kabupaten Maluku Tengah, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan di lokasi tersebut. Tak jauh dari lokasi vaksinasi, tepatnya di Dermaga Huseka'a Hitu, Jokowi berdialog dengan perwakilan kelompok nelayan, penjual ikan, dan para pedagang pasar setempat.

Selepas rangkaian agenda kunjungan kerja tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersama rombongan terbatasnya akan kembali menuju Jakarta.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Jokowi Masif Bangun Infrastruktur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya