Comscore Tracker

Riau Siaga Darurat Karhutla, Jokowi: Hujan Buatan Sudah Dilakukan

5.600 pasukan tambahan dikerahkan untuk padamkan karhutla

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Selasa (17/9). Jokowi mengatakan sudah memerintahkan pihak terkait untuk melakukan hujan buatan.

Dia berharap, hal itu bisa meredakan kabut asap yang menimpa Riau. Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat tidak membakar hutan dan lahan lagi.

1. 5.600 pasukan sudah ditambahkan untuk memadamkan api dan asap

Riau Siaga Darurat Karhutla, Jokowi: Hujan Buatan Sudah DilakukanDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan pemerintah telah melakukan segala upaya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Pasukan pemadaman api dan asap juga sudah ditambah dan dikerahkan.

"Yang di darat semuanya, semprot di darat, penambahan pasukan sudah saya perintahkan hari Sabtu, sudah 5.600," kata Jokowi di Pekanbaru.

Selain itu, Jokowi dan jajaran yang sudah melakukan salat Istisqa guna meminta hujan turun di Riau, berharap memang segera turun hujan.

Baca Juga: Kepala BNPB: Riau Tanpa Asap Hanya Slogan

2. Hujan buatan dilakukan hari ini

Riau Siaga Darurat Karhutla, Jokowi: Hujan Buatan Sudah DilakukanDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Sebelum bertolak menuju lokasi pertama yang akan ditinjau oleh Jokowi, ia sempat meninjau kesiapan operasional pesawat penyemai yang hari ini akan membuat hujan buatan di sekitar lokasi kebakaran.

"Ini mau berangkat (pesawat penyemai) hujan buatan. Hari Jumat lalu juga sudah kita perintahkan, sudah diterbangkan dan Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam," terang dia.

3. Jokowi harap hujan turun hari ini

Riau Siaga Darurat Karhutla, Jokowi: Hujan Buatan Sudah DilakukanDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Melihat cuaca yang cukup mendukung, Jokowi pun berharap hujan akan turun membasahi Riau. Ia mengaku, segala upaya pemerintah telah dilakukan.

"Moga-moga, karena awannya ada, kita berdoa semoga jadi hujan, InsyaAllah hari ini. Segala upaya sudah kita lakukan. Tapi memang juga lewat water bombing, lewat 52 pesawat. Artinya segala upaya kita lakukan," jelas Jokowi.

Baca Juga: Riau Siaga Darurat, Ini Perintah Jokowi Atasi Kabut Asap

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You