Sah! Jokowi Lantik Aan Kurnia sebagai Kepala Bakamla

Pelantikan dihadiri Megawati

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Aan Kurnia sebagai kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang baru. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/2), mulai pukul 14.30 WIB.

Dalam acara pelantikan ini hadir juga Menteri Kabinet Indonesia Maju. Hadir pula pimpinan lembaga lain seperti Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

Acara pelantikan ini juga dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

1. Jokowi memimpin sumpah jabatan kepala Bakamla

Sah! Jokowi Lantik Aan Kurnia sebagai Kepala BakamlaPelantikan Kepala Bakamla Aan Kurnia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pelantikan Kepala Bakamla berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17/TPA/2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan Bakamla.

Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam, celana hitam, dan peci hitam itu memimpin pengucapan sumpah jabatan kepala Bakamla.

"Bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Aan.

"Saya minta saudara mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," ucap Presiden.

Baca Juga: Perkuat Bakamla, Pemerintah Siapkan Omnibus Law Keamanan Laut

2. Aan mengucapkan sumpah jabatan

Sah! Jokowi Lantik Aan Kurnia sebagai Kepala BakamlaPelantikan Kepala Bakamla Aan Kurnia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Usai meminta Aan mengulangi kata-katanya, Jokowi memulai membacakan sumpah jabatan sesuai agama, dan perlahan diikuti Aan.

Berikut sumpah jabatan yang disebutkan Jokowi dan diikuti Aan:

"Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab." 

3. Laksdya TNI Taufiqoerrochman diganti karena pensiun

Sah! Jokowi Lantik Aan Kurnia sebagai Kepala BakamlaKepala Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Bakamla dipimpin Taufiqoerrochman sejak September 2018. Taufiqoerrochman yang tahun ini menginjak usia 60 tahun, akan memasuki masa pensiun. Karena itu, Aan dipilih untuk menggantikan posisinya.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jokowi Lantik Aan Kurnia Jadi Kepala Bakamla Baru Siang Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya