Sandi Disemprot Susi, Kubu Jokowi Nilai Prabowo Cs Grasa Grusu

Harusnya capres dan cawapres ngerti Undang-undang

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate memberikan komentarnya terhadap konflik antara calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno dan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti terkait surat izin penangkapan ikan atau SIPI.

Mendengar pernyataan Sandi bahwa pemerintah mempersulit SIPI untuk para nelayan, Johnny pun melayangkan sindirannya kepada Sandi. Anggota Komisi XI DPR RI tersebut mengatakan bahwa harusnya seorang capres atau cawapres bisa paham Undang-Undang.

1. Seorang capres dan cawapres harus mengerti Undang-Undang

Sandi Disemprot Susi, Kubu Jokowi Nilai Prabowo Cs Grasa GrusuIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Johnny menjelaskan, harusnya seorang capres dan cawapres memahami Undang-Undang. Hal itu diperlukan agar capres dan cawapres tidak asal memberikan pernyataan.

"Secara khusus capres cawapres harus memahami Undang-Undang. Jangan hanya menbuat pernyataan. Lalu dengan merasa tanpa salah, minta maaf, bagus itu minta maaf, tapi gak bisa kampanye kita setiap hari diisi dengan minta maaf," sindir Johnny di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (19/10).

Baca Juga: Ahmad Dhani Jadi Tersangka, Sandiaga Uno: Saya Tak Mau Menanggapi

2. Kubu Prabowo dinilai terlalu grusa-grusu memberikan pernyataan

Sandi Disemprot Susi, Kubu Jokowi Nilai Prabowo Cs Grasa GrusuANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemudian, Johnny pun mengungkapkan bahwa kubu lawan terlalu grusa-grusu memberikan pernyataan. Dia pun mengungkit kembali kasus Ratna Sarumpaet sebagai salah satu bukti bahwa kubu Prabowo terlalu tergesa-gesa memberikan pernyataan di hadapan publik.

"Grasa-grusu gara-gara kasus Ratna Sarumpaet, minta maaf karena salah Undang-Undang kelautan, nanti kontestasi kita hanya diisi dengan minta maaf," ucapnya.

"Rakyat gak perlu minta maaf, rakyat perlu gagasan, dan untuk itu, calon pemimpin apalagi presiden, wakil presiden, pahami UU, dan berpikir sebelum menyatakan pendapatnya," lanjut dia.

3. Sandi komentari SIPI, Susi semprot Sandi

Sandi Disemprot Susi, Kubu Jokowi Nilai Prabowo Cs Grasa GrusuSusi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya, pernyataan Sandiaga itu muncul akibat adanya keluhan dari nelayan saat dia menyambangi tempat pelelangan ikan di Karangsong, Indramayu.

Di sana, Sandiaga menemui nelayan yang mengeluhkan soal surat perizinan penangkapan ikan. Para nelayan mengeluhkan tidak dapat melaut diakibatkan oleh birokrasi yang rumit.

Merespons hal itu, Sandiaga mengatakan kubunya tak akan mempersulit perizinan soal penangkapan ikan bila mereka menang dalam kontestasi pemilihan presiden 2019. Bahkan, ia berjanji birokrasi akan dipangkas. "Prabowo-Sandi tidak akan melupakan jasa nelayan," ujarnya.

Terhadap ucapan itu, Susi mengatakan Sandiaga lebih baik mempelajari SIPI dulu ketimbang asal-asalan berkomentar. Ia juga mengingatkan Sandiaga untuk berhati-hati berpendapat dengan berkaca pada kasus hoaks operasi plastik Ratna Sarumpaet.

Baca Juga: Sandi Disemprot Menteri Susi, Koalisi Jokowi: Harus Punya Data!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya