Sandiaga Disebut Ulama, Sekjen NasDem: Dia Itu Pengusaha

Menurut kamu, Sandiaga bisa disebut ulama atau tidak?

Jakarta, IDN Times - Sejumlah anggota koalisi pendukung mengategorikan  bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno sebagai ulama. Teranyar, Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan bahwa ia mengenal Sandiaga sebagai pengusaha.

1. Johnny menilai, ahli Islam yang bisa menilai seseorang ulama atau bukan

Sandiaga Disebut Ulama, Sekjen NasDem: Dia Itu Pengusaha(Sekretaris Jenderal NasDem, Johnny G Plate) IDN Times/Irfan Fathurohman

Meski ia tidak mengetahui definisi ulama seperti apa, namun ia tetap percaya bahwa para ahli agama Islamlah yang bisa menilai hal itu. Dia pun mengatakan bahwa sosok Sandi yang ia kenal saat ini bukan ulama.

"Saya tidak tahu definisi persisnya ulama apa. Saya kira para ahli-ahli yang tahu itu. Yang saya ketahui, Sandiaga itu businessman, pengusaha. Itu saya tahu. Kami juga pengusaha," terang Johnny di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (19/9).

2. Sandiaga bisa dikatakan ulama jika memang menguasai hal-hal religius

Sandiaga Disebut Ulama, Sekjen NasDem: Dia Itu PengusahaIDN Times/Irfan Fathurohman

Baginya, bila memang seorang pengusaha disebut sebagai ulama, memang tidak masalah, asalkan ia memiliki dan mengusai hal-hal yang berbau religius.

"Saya tidak tahu jika ulama Islam. Yang saya tahu, dia (Sandi) seorang pengusaha yang sekarang cawapres," jelasnya.

3. Hidayat sebut Sandiaga ada di level ulama

Sandiaga Disebut Ulama, Sekjen NasDem: Dia Itu PengusahaIDN Times/Indiana Malia

Sebelumnya, Hidayat mengatakan Sandiaga sudah pada level ulama, berdasarkan pedoman surat As Syura dan Al Fatih dalam Alquran.

"Kedua-duanya justru ulama itu tidak terkait dengan keahlian ilmu agama Islam. Satu tentang ilmu sejarah yaitu dalam surat As Syura, dan surat Al Fatir itu justru science, scientis. Jadi kalau kemudian Pak Sandi, menurut saya sih Pak Sandi itu ya ulama, dari kacamata tadi," kata Hidayat di Gedung DPR RI, Selasa (18/9).

Menurut kamu, Sandiaga bisa disebut ulama atau tidak?
 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya