Satgas COVID-19: Kepatuhan Masyarakat Pakai Masker Turun 57,78 Persen

Kenaikan kasus COVID-19 gegara disiplin pakai masker turun

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan kenaikan kasus virus corona yang terjadi di Indonesia lantaran kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun. Menurutnya, tidak ada hal yang lebih efektif selain disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Ini adalah akibat telah terjadinya penurunan drastis tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan 3M," kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/12/2020).

1. Kepatuhan masyarakat gunakan masker menurun sejak September hingga Desember

Satgas COVID-19: Kepatuhan Masyarakat Pakai Masker Turun 57,78 PersenJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Data terakhir Satgas mengatakan bahwa tingkat kepatuhan memakai masker turun dari 83,67 persen di September menjadi 57,78 persen pada Desember ini. Hal itu juga diperburuk dengan turunnya kedisiplinan menjaga jarak.

"Ini diperburuk juga dengan kenyataan bahwa kedisiplinan menjaga jarak juga turun dari 59,57 persen menjadi 41,75 persen pada periode yang sama," ucapnya.

Baca Juga: [LINIMASA-4] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

2. Satgas ingatkan tren kenaikan kasus masih terjadi di Indonesia

Satgas COVID-19: Kepatuhan Masyarakat Pakai Masker Turun 57,78 PersenPedagang yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona, di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Wiku mengingatkan tren kenaikan kasus COVID-19 masih terjadi di tanah air. Bahkan, pada 3 Desember 2020 lalu, penambahan kasus harian COVID-19 mencapai 8.369 kasus.

"Angka ini menunjukkan kondisi yang sangat membahayakan dan mencerminkan masih tingginya penularan yang terjadi di masyarakat," ujar Wiku.

3. Satgas minta aparat dan pimpinan daerah tetap lakukan penegakan hukum pada pelanggar protokol kesehatan

Satgas COVID-19: Kepatuhan Masyarakat Pakai Masker Turun 57,78 PersenIlustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Menurut Wiku, saat ini tidak ada upaya lain yang efektif selain patuh terhadap protokol kesehatan. Tidak hanya itu, Ketua Pakar Satgas ini juga meminta para pimpinan daerah dan aparat penegak hukum untuk terus melakukan pendisiplinan terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

"Ingat, dokter dan tenaga kesehatan yang memberikan perawatan merupakan benteng terakhir. Jumlah mereka sangat terbatas. Hargailah mereka," tutur Wiku.

Baca Juga: Data Lengkap COVID-19 di Indonesia per Selasa 8 Desember 2020 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya