Satgas Minta Massa di Acara Rizieq Shihab Segera Tes COVID-19, Gratis!

Jika ada yang terpapar COVID-19 harus segera isolasi mandiri

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo, meminta massa yang berkerumun di acara yang digelar Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, segera melakukan tes COVID-19 yang telah disiapkan pemerintah daerah.

Tidak hanya mereka yang ikut berkerumun saat menjemput Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, tapi juga yang di Petamburan, Slipi, Tebet Timur hingga Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ikut dalam aktivitas tersebut, agar secara sukarela bersedia melakukan swab antigen yang telah disiapkan oleh pemerintah dan dinas kesehatan DKI Jakarta di sejumlah puskesmas," kata Doni dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Doni Monardo Minta Warga yang Pernah Ada di Kerumunan Lakukan Tes Swab

1. Doni sebut tes COVID-19 penting untuk tracing dan gratis

Satgas Minta Massa di Acara Rizieq Shihab Segera Tes COVID-19, Gratis!Kepala BNPB Doni Monardo (Dok. BNPB)

Doni menekankan, pemeriksaan tes COVID-19 yang telah disiapkan pemerintah daerah gratis atau tidak bayar. Ia mengimbau masyarakat segera melakukan tes karena penting untuk tracing atau pelacakan kasus.

"Hal ini sangat penting agar bisa sesegera mungkin diketahui apakah mereka yang ikut kerumunan tersebut terpapar atau tidak," tutur Doni.

2. Jika massa di kerumunan acara Rizieq Shihab ada yang terpapar, harus segera isolasi mandiri

Satgas Minta Massa di Acara Rizieq Shihab Segera Tes COVID-19, Gratis!Pimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Doni menuturkan, apabila ada yang terpapar COVID-19, maka harus segera dilakukan langkah-langkah sedini mungkin. Seperti melakukan isolasi mandiri secara personal atau difasilitas yang telah disiapkan pemerintah. Semua harus melalui rekomendasi dari puskesmas.

"Hal ini adalah sebuah upaya untuk melindungi kesehatan masyarakat," ujar Doni.

3. Pemeriksaan sebagai upaya mencegah semakin meluasnya penyebaran COVID-19

Satgas Minta Massa di Acara Rizieq Shihab Segera Tes COVID-19, Gratis!Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo [kedua dari kiri]. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Imbauan itu disampaikan Doni karena kerumunan di acara Rizieq Shihab menyebabkan kasus positif COVID-19 naik. Karena itu, ia meminta agar masyarakat sukarela melakukan pemeriksaan swab antigen atau tes PCR.

"Inilah tugas kita semua untuk menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat agar secara sukarela bersedia melakukan pemeriksaan swab apakah PCR atau antigen. Sekali lagi, upaya untuk mengetahui secara dini akan sangat membantu percepatan penyembuhan," ucap Doni.

Baca Juga: Satgas Umumkan Hasil Tes di 3 Titik Kerumunan Rizieq, Tebet Terbanyak!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya