Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Senpi KKB, Ternyata PNS di Yahukimo

Satgas juga telah mengamankan senjata-senjata sebagai bukti

Jakarta, IDN Times - Satgas Nemangkawi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti amunisi, magazen, serta senjata tajam lainnya untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Amunisi itu berhasil ditemukan oleh Satgas Nemangkawi usai mereka menggerebek salah satu rumah di jalur 1 bawah Kompleks Ambruk, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Waka Ops II Nemangkawi Papua, Kombespol Muhammad Firman mengatakan, Satgas Memangkawi berhasil melakukan pengrebekan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat tentang sebuah truk dinas berpelat merah milik Pemda Yahukimo yang dicurigai membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti.

Baca Juga: Nakes Korban KKB di Kiwirok: Saya Tidak Ingin Kembali Bertugas 

1. Satgas Nemangkawi menangkap sopir truk untuk KKB yang ternyata ASN di Pemkab Yahukimo

Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Senpi KKB, Ternyata PNS di YahukimoSatgas Nemangkawi Tangkap Oknum PNS Yahukimo Pemasok Senpi KKB. (dok. Humas Nemangkawi)

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, Satgas Nemangkawi pun memeriksa keberadaan truk tersebut. Akhirnya satgas menemukan sekelompok orang dengan barang bukti yang berada di dalam bak truk.

Usai penggerebekan itu, Satgas Nemangkawi langsung mengamankan barang bukti beserta sopir truk yang ternyata adalah ASN di Pemerintah Kabupaten Yahukimo.

"Inisial ES, (dibawa) ke Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan," kata Firman dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Satgas Nemangkawi Tangkap 1 Pimpinan KKB Eks TNI di Yahukimo  

2. Daftar senjata yang diamankan Tim Operasi Satgas Nemangkawi

Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Senpi KKB, Ternyata PNS di YahukimoSatgas Nemangkawi Tangkap Oknum PNS Yahukimo Pemasok Senpi KKB. (dok. Humas Nemangkawi)

Dari pengembangan pemeriksaan terhadap sopir truk yang merupakan ASN di Pemkab Yahukimo, Satgas Nemangkawi kembali melakukan pengrebekan ke sebuah rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian sejumlah barang bukti. ES  juga diketahui menyimpan Amunisi dan Magazine 5.56.

Barang bukti yang berhasil diamanakan Tim Operasi Satgas Nemangkawi yaitu:

1. 26 Butir amunisi 5,6 5TJ
2. 8 Butir Amunisi 38 SPC
3. 1 Buah Magazine M-16
4. 1 Pasang Pakaian Loreng KNPB
5. 1 Buah Jaket Warna Merah
6. 1 Buah Noken
7. 2 Buah Parang
8. 2 Buah Kapak
9. 1 Buah Sabit
10. 1 Buah Badik
11. 1 Buah Sangkur
12. 1 Buah Besih Tajam
13. 1 Buah Palu
14. 1 Buah Laptop Toshiba
15. 10 Buah Anak Busur
16. 1 Buah HT Icom
17. 1 Buah HT Boefeng
18. 1 Buah Radio Rig (Kenwood)
19. 1 Buah Cas HT
20. 1 Buah Printer Espon L360
21. 1 Buah PC Toshiba
22. 1 Buah Computer Lenovo
23. 1 Buah Megaphone
24. 1 Buah Speaker
25. 1 Buah Power Up
26. 1 Buah Cash Laptop Toshiba
27. 1 Buah Tas Selempang Warna Hitam
28. 1 Buah Tas Selempang Warna Biru

3. Satgas Nemangkawi berhasil menangkap salah satu pimpinan KKB yaitu Senat Soll

Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Senpi KKB, Ternyata PNS di YahukimoIlustrasi KKB (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada 27 Agustus 2021, Satgas Nemangkawi juga berhasil mengamankan satu ASN di Pemerintah Kabupaten Yahukimo, yang juga merupakan camat atau kepala distrik yang berinisial EB. EB dan 15 orang lainya diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB wilayah yahukimo.

Dari 15 orang tersebut, lima di antaranya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo atas serangkaian pembunuhan sadis di Kabupaten Yahukimo beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan masyarakat sipil dan anggota Polri maupun TNI meninggal dunia.

Kemudian pada 23 agustus 2021 juga Tim Operasi Satgas Nemangkawi berhasil membebaskan Karyawan Pt. Indo Papua yang disandra oleh KKB wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo-Papua.

Tak hanya itu, Satgas Nemangkawi juga berhasil menangkap salah satu pimpinan KKB, Ananias Yalak atau yang dikenal dengan sebutan Senat Soll berhasil diamankan oleh Tim Operasi Satgas Nemangkawi, pada 2 September 2021 lalu.

Baca Juga: Nakes Korban KKB di Kiwirok Bantah Rekannya Pegang Senjata Api

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya