SBY: Jangan Benturkan Agama dengan Pancasila

Memangnya ada yang mencoba membenturkan keduanya, ya?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan sambutannya dalam acara safari ramadan dan temu kader bersama kader Partai Demokrat, di Jakarta Covention Center (JCC), pada Sabtu (9/6). Dalam sambutannya, SBY meminta masyarakat tidak membenturkan agama dengan Pancasila.

1. Indonesia diharap bisa menjunjung tinggi sila kelima Pancasila  

SBY: Jangan Benturkan Agama dengan PancasilaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

SBY mengatakan, salah satu dimensi keadilan di dalam kehidupan adalah keadilan sosial. Dan keadilan sosial terdapat di dalam sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sehingga, SBY pun mengungkapkan agar rakyat Indonesia bisa menjunjung tinggi keadilan sosial.

"Kita tentu tahu bahwa sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi bangsa Indonesia juga menjunjung tinggi keadilan, termasuk keadilan sosial," kata SBY di JCC, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

2. Jangan membenturkan agama dengan Pancasila  

SBY: Jangan Benturkan Agama dengan PancasilaIDN Times/Ahmad Mustaqim

Mendengar isu-isu mengenai paham radikalisme di Indonesia yang selalu bertentangan dengan Pancasila, SBY pun menyampaikan bahwa agama jangan sampai dibenturkan dengan Pancasila.

"Karena itu, saya mengajak janganlah membenturkan-benturkan Islam dengan Pancasila. Jangan juga tidak membenturkan Pancasila dengan agama lain," terang SBY.

3. Agama bisa beriringan dengan Pancasila  

SBY: Jangan Benturkan Agama dengan PancasilaIDN Times/Ahmad Mustaqim

SBY juga mengungkapkan bahwa dirinya sebagai seorang muslim, tetap bisa menjalankan syariat Islam sekaligus mengikuti dasar negara yaitu Pancasila.

"Dengan sungguh-sungguh berupaya menjalankan sila-sila Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Saya yakin itu yang ada di dalam hati pikiran saudara-saudara saya, kaum muslimin dan muslimat," tambah dia.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya