Sekjen Koalisi Jokowi Siapkan 4 Gerobak Makanan, Ini Maknanya

Ternyata ada makna di baliknya loh.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris jenderal (sekjen) partai koalisi Joko "Jokowi" Widodo menggelar pertemuan untuk mempersiapkan pendaftaran Pilpres 2019. Ke-9 sekretaris jenderal partai koalisi Jokowi hadir bersama-sama dengan mengenakan pakaian sesuai warna partai mereka masing-masing.

Ke-9 sekjen tersebut adalah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding, Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk Paulus, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq, Sekretaris Jenderal Hanura Herry Lontung, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani, Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate, dan Sekretaris Jenderal PKPI Verry Surya Hendrawan.

Uniknya, di dalam pertemuan ke-9 sekjen partai pendukung Jokowi tersebut, mereka telah menyiapkan 4 gerobak makanan Indonesia. Namun, tidak sembarang menyiapkan, ke-4 makanan yang dipilih tentunya memiliki makna tersendiri.

Apa sih makna dari jumlah makanan itu ya?

1. Setiap sekjen kenakan pakaian kasual berwarna partai masing-masing

Sekjen Koalisi Jokowi Siapkan 4 Gerobak Makanan, Ini MaknanyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pertemuan ke-9 sekjen tersebut digelar di Posko Cemara, di jalan Cemara, Menteng Jakarta Pusat. Satu demi persatu sekjen mulai berdatangan sejak pukul 19.00 wib.

Para sekjen pun tampil dengan gaya kasual dan memakai pakaian yang senada dengan warna partai mereka.

Tampak keceriaan di wajah mereka menyapa satu sama lain. Hasto dengan pakaian merahnya, Raja Juli dengan jaket PSI khasnya, Lodewijk dengan pakaian kuningnya, dan yang lain pun senada. 

2. Sembilan sekjen menyiapkan 4 gerobak makan

Sekjen Koalisi Jokowi Siapkan 4 Gerobak Makanan, Ini MaknanyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ke-9 sekjen itu pun telah menyiapkan kuliner untuk para awak media yang hadir. Dengan menyiapkan 4 gerobak, terdapat 4 menu yang berbeda.

Menu-menunya adalah nasi goreng, sate padang, bakso, dan bubur ayam. Semua wartawan bisa menikmati sepuasnya makanan yang mereka sediakan.

3. Lalu apa maknanya?

Sekjen Koalisi Jokowi Siapkan 4 Gerobak Makanan, Ini MaknanyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, Hasto menjelaskan, bahwa sengaja memang para sekjen menyiapkan makanan khas Indonesia. Ia menyebut kuliner tersebut sebagai politik makanan.

Hasto pun merinci satu persatu makna yang ada di balik makanan yang telah disiapkan oleh para sekjen.

"Ada nasi goreng, itu artinya supaya dalam masa-masa krusial ini tidak saling menggoreng politik. Agar tidak saling menggoreng, maka kita perlu sesuatu yang terang maka ada sate padang. Itu simbol dari Sumatera Barat," jelas Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/8)

"Setelah suasana terang padang itu harus melebur jadi satu maka ada bubur. Bubur Jawa Barat. Kemudian setelah melebur kita solid maka ada bakso. Kita menjadi satu supaya kita betul-betul bulat," lanjutnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya