Comscore Tracker

Sekjen PDIP: Kader Partai Fokus COVID-19, Pilpres Urusan Megawati

Capres dan Cawapres adalah hak prerogatif Megawati

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP saat ini masih belum fokus kepada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut Hasto, masalah Pilpres 2024 menjadi hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ada skala prioritas yang lebih penting untuk membantu rakyat. Pilpres 2024 sudah ada tahapannya. Hak prerogatif terkait paslon berada di tangan ketua umum partai, Ibu Megawati Soekarnoputri. Karena itulah disiplin komunikasi ditegakkan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/6/2021).

1. Kader PDIP diminta fokus dulu pada penanganan pandemik COVID-19

Sekjen PDIP: Kader Partai Fokus COVID-19, Pilpres Urusan MegawatiGubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Hasto menyebut Pilpres 2024 masih lama, sehingga fokus kader PDIP saat ini adalah mengatasi pandemik COVID-19 yang mengalami lonjakan di sejumlah daerah. Dia mengatakan, para kader harus membantu masyarakat untuk mengatasi virus corona.

“Atas dasar hal tersebut, seluruh anggota dan kader partai ditugaskan untuk fokus membantu rakyat, memaksimumkan gotong-royong, dan tempatkan penanganan COVID-19 sebagai prioritas utama. COVID-19 dan variannya tidak bisa dipandang remeh,” ujar Hasto.

Baca Juga: Ini Kriteria Capres yang Megawati Mau untuk Pilpres 2024 

2. PDIP telah miliki program untuk bantu penanganan COVID-19

Sekjen PDIP: Kader Partai Fokus COVID-19, Pilpres Urusan MegawatiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk mengatasi COVID-19, Hasto menyampaikan PDIP telah memiliki berbagai macam program untuk penanganan pandemik. Program-program tersebut seperti membantu penegakan disiplin penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan, serta program preventif dengan hidup sehat, meningkatkan daya imunitas tubuh.

“Mendorong gerakan menanam tanamam yang bisa dimakan, serta program gotong-royong untuk masyarakat yang terkena COVID-19 untuk terus dilanjutkan. Sebab, partai menyatu dengan urat nadi kehidupan rakyat,” jelasnya.

3. Megawati akan pilih capres sesuai kehendak rakyat

Sekjen PDIP: Kader Partai Fokus COVID-19, Pilpres Urusan MegawatiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya, Hasto juga pernah mengatakan bahwa urusan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 menjadi keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Hasto, Megawati akan memilih pemimpin sesuai kehendak rakyat.

"Kehendak rakyat itulah yang akan dibaca oleh Bu Megawati yang punya hak prerogatif dan inipun di dalam memohon terang dari Tuhan yang Maha Kuasa agar memberikan suatu inspirasi terhadap pemimpin ke depan guna membawa kejayaan bangsa ini," kata Hasto seperti dikutip dari keterangan tertulis PDIP, Sabtu (12/6/2021).

Terkait siapa calon yang akan dipilih, Hasto menyebut bahwa pada saatnya nanti Megawati akan mengumumkan sendiri. Saat ditanya apakah para calon yang diusung PDIP berdasarkan hasil survei di berbagai lembaga, Hasto tak menjawabnya lebih jauh.

"Ah, yang jelas bukan saya. Saya membantu Bu Mega membangun partai," jawab Hasto.

Meski begitu, lanjut Hasto, Megawati dan PDIP memahami hasil survei sebagai instrumen. Megawati sendiri menginginkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan baik dalam berkomunikasi politik.

Tetapi di luar itu, dia punya tanggung jawab, dia punya kekokohan dalam hal prinsip. Dia punya kemampuan teknokratik dan itu kan harus dipersiapkan, dilakukan dengan sebaik baiknya," ucap Hasto.

"Jadi kita tunggu momentum yang tepat dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega untuk mengumumkan siapa calon presiden dan wakil presiden," tambahnya.

Baca Juga: Isi Jurnal Ilmiah Megawati di Unhan yang Puji Kepemimpinan Sendiri

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya