Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding Cemas Kondisi Orang Tua di Donggala

Karding belum bisa menghubungi kedua orang tuanya

Jakarta, IDN Times - Kabupaten Donggala digoncang gempa berkekuatan 7,7 SR pada Jumat (28/9). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengaktifkan peringatan dini terjadinya tsunami di area Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Namun, usai dua menit diaktifkan, sekitar pukul 17:02:45 WIB, peringatan dini tsunami itu dicabut.

Terjadinya gempa di Kabupaten Donggala ini rupanya berdampak terhadap keluarga yang jauh dari lokasi. Salah satunya adalah anggota Komisi III DPR RI Abdul Kadir Karding. Sebelumnya, ia menyampaikan dalam akun Twitternya @Kadir_Karding, tentang keluarganya di Donggala yang tak bisa dihubungi.

"Bapak, ibu dan keluarga besar saya di kampung kelahiranku (Sojol Utara) Kabupaten Donggala belum bisa kami hubungi dari tadi sore, semoga saja semua selamat, mohon doa dari sahabat sekalian," tulisnya, Jumat (28/9).

Lalu, bagaimana perkembangan terakhir keluarga Karding?

1. Orang tua Karding belum bisa dihubungi

Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding Cemas Kondisi Orang Tua di DonggalaIDN Times/Indiana Malia

Saat dikonfirmasi langsung oleh IDN Times, Karding mengaku belum berhasil menghubungi kedua orang tuanya yang berada di Kabupaten Donggala. Namun, ia sudah mendapat kabar tentang adik-adiknya yang berada di Palu. Menurut dia, adik-adiknya dalam keadaan baik-baik saja.

"Memang sampai sekarang bapak ibu coba dan keluarga besar di sana coba kami hubungi tetapi belum bisa dihubungi. Namun adik-adik saya yang ada di Palu, Alhamdulillah memberi info tidak ada masalah," kata Karding saat dihubungi oleh IDN Times, Jumat (28/9).

Baca Juga: VIRAL: Kubah Masjid di Sebelah Palu Grand Mall Ambruk Akibat Gempa

2. Kawasan tempat tinggal Karding terkena gempa

Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding Cemas Kondisi Orang Tua di Donggala(Kondisi kerusakan di Kabupaten Donggala usai digoncang gempa bumi) BNPB

Menurutnya, daerah yang terkena gempa di Kabupaten Donggala yaitu Batu Suya adalah kawasan yang dekat dengan kediamannya. Meski begitu, hingga kini ia juga belum mendapatkan informasi yang utuh.

"Kebetulan di Donggala garis pantai yang kena gempa itu kalau tidak salah daerah Batu Suya. Batu Suya itu searah dengan kampung kelahiran saya yang namanya Pantai Barat tempatnya di Utara," jelasnya.
 

3. Belum mendapatkan informasi korban di area gempa

Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding Cemas Kondisi Orang Tua di DonggalaANTARA FOTO/HO/pras

Kemudian, Karding menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Palu memang tengah ketakutan akibat adanya gempa tersebut. Tetapi, ia belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait korban karena memang belum ada yang bisa dihubungi.

"Dan beberapa korban yang di Donggala terutama Pantai Barat arah Kabupaten Toli-toli, kita belum dapat informasi gambaran apa, karena mungkin tidak ada yang bisa dihubungi," kata Karding.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Jajarannya untuk Atasi Dampak Gempa Donggala

Topik:

Berita Terkini Lainnya