Selain Pindah Ibu Kota, Jokowi Juga Bangun 10 Kawasan Metropolitan

Pemerintah berharap kesenjangan bisa berkurang

Jakarta, IDN Times - Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan, pemindahan ibu kota merupakan salah satu cara untuk mengurangi kesenjangan di Indonesia. Guna mengurangi kesenjangan, pemerintah akan membangun 10 kawasan metropolitan.

"Kita akan kembangkan 10 kawasan metropolitan di Indonesia, 4 di Jawa dan 6 di luar Jawa; Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, dan Manado. Ini akan perkuat pembangunan di luar jawa apakah kawasan ekonomi khusus, kawasan industri, atau kawasan strategis pariwisata," ujar Bambang di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Menurut Bambang, selain mendatangkan turis, pemerintah ingin kawasan pariwisata juga menjadi pionir dari perkembangan ekonomi daerah.

Dengan dipindahnya ibu kota negara dan pembangunan 10 kawasan metropolitan, pemerintah berharap kesenjangan bisa berkurang.

"Pemerintahan itu bagian dari jasa, yang akan berdampak pada wilayah sekelilingnya. Dampak yang menurut saya akan perlambat makin besarnya kesenjangan," ungkap Bambang Brodjonegoro.

https://www.youtube.com/embed/xzy2bFXyurI

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Bukit Soeharto Segera Direhabilitasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya