Selain Robot Birokrasi, Jokowi Juga Mau Revolusi Digital di Masyarakat

AI juga akan diterapkan di ibu kota baru

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa Jokowi menginginkan revolusi digital dimulai di Indonesia. Menurut Fadjroel, pemerintah sedang memetakan agar AI juga tidak hanya masuk di kegiatan pemerintahan saja melainkan juga kegiatan masyarakat.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan perintah agar eselon III dan IV yang dipangkas akan digantikan dengan artificial intelligence atau teknologi kecerdasan buatan.

1. Pemerintah rancang roadmap untuk wujudkan mimpi Jokowi tentang revolusi digital

Selain Robot Birokrasi, Jokowi Juga Mau Revolusi Digital di MasyarakatPresiden Jokowi saat meninjau Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 (Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Fadjroel menerangkan, pemerintah tengah merancang roadmap untuk merancang penerapan AI di pemerintahan. Jokowi, kata Fadjroel, ingin Indonesia lebih maju dengan revolusi digitalnya.

"Mimpinya Pak Jokowi kan digital revolution dan AI masuk ke semua kegiatan dalam pemerintahan maupaun kegiatan masyarakat. Kemudian kita bisa mengejar kemajuan di apa yang kita sebut Indonesia Maju," kata Fadjroel di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Baca Juga: Sederhanakan Birokrasi, Pemerintah Gunakan Kecerdasan Buatan

2. AI akan diterapkan juga di ibu kota baru

Selain Robot Birokrasi, Jokowi Juga Mau Revolusi Digital di MasyarakatJuru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Fadjroel mengatakan usulan AI berasal dari Jokowi sendiri. Nantinya, AI tak hanya digunakan dalam birokrasi saja melainkan juga regulasi.

"Beliau tidak hanya tertarik untuk memakai AI untuk birokrasi, tetapi juga untuk regulasi. Bahkan, untuk ibu kota baru beliau mengharapkan yang serupa," ucap dia.

3. Jokowi sudah perintahkan Menpan RB ganti eselon III dan IV dengan sistem yang gunakan AI

Selain Robot Birokrasi, Jokowi Juga Mau Revolusi Digital di MasyarakatPresiden Jokowi saat meninjau Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 (Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengganti pejabat eselon III dan IV di kementerian atau lembaga dengan AI atau teknologi kecerdasan buatan.

"Saya sudah perintahkan juga ke Menpan RB diganti dengan AI, kalau diganti aritificial inteligence, birokrasi kita lebih cepat saya yakin itu," ujar di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11).

Baca Juga: Bappenas Jadi Instansi Pertama yang Ganti Eselon III-IV dengan Robot

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya