Comscore Tracker

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat Pelantikan

Prabowo-Sandiaga dapat pantun dari Bamsoet

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tepat pada 20 Oktober 2019 dilantik menjadi pemimpin Indonesia. Mengingat kembali momen-momen saat itu, ada beberapa kejadian unik yang menarik perhatian publik.

Seperti Jusuf Kalla yang berpelukan dengan Ma'ruf Amin, Prabowo Subiano-Sandiaga Uno beri hormat kepada Jokowi-Ma'ruf, hingga pantun Ketua MPR Bambang Soesatyo yang sempat menjadi trending di Twitter. 

Lantas, apa saja ya momen-momen unik saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf satu tahun lalu?

Baca Juga: Satu Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, Kemensos Jadi Sorotan MPR

1. Prabowo-Sandiaga beri hormat kepada Jokowi-Ma'ruf

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat PelantikanMenhan Prabowo Subianto ketika tiba di gedung DPR (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Salah satu momen membekas pada saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf adalah ketika rival politik mereka pada Pilpres 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hadir dalam acara pelantikan yang digelar di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Momen itu bermula saat Jokowi memberikan pidatonya usai acara pelantikan. Awalnya, Jokowi menyapa para tamu undangan yang hadir, mulai dari mantan presiden dan wakil presiden, hingga Prabowo-Sandiaga.

"Dan tentu saja sahabat baik saya, Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno," sapa Jokowi, kala itu, mengawali pidato sambutannya.

Setelah disapa Jokowi, sontak saja Prabowo dan Sandiaga bangun dari kursinya dan langsung memberikan hormat pada orang nomor satu di Indonesia itu. Sikap mereka berdua pun mendapatkan tepuk tangan meriah dari para tamu undangan yang hadir.

Tidak hanya itu, Prabowo dan Sandiaga juga naik ke podium untuk memberikan ucapan selamat secara langsung pada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

2. Cakep! Pantun Bamsoet untuk Prabowo-Sandiaga saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat PelantikanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Momen unik lainnya ketika Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berpantun kepada Prabowo-Sandiaga hingga menjadi trending topic di Twitter. Dalam pidatonya itu, pria yang kerap disapa Bamsoet itu menyapa Prabowo-Sandiaga yang hadir dalam pelantikan, melalui sebuah pantun.

"Teuku Umar ke Kertanegara, dijamu nasi goreng Ibu Mega. Pak Prabowo memang tak jadi kepala negara, tapi tetap bisa berkuda dan lapang dada," ucap Bamsoet ketika itu.

3. Pertama kalinya Ma'ruf Amin tidak memakai sarung di saat acara resmi

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat PelantikanANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Momen berikutnya yang tidak kalah menarik adalah ketika Wakil Presiden Ma'ruf Amin pertama kalinya tidak mengenakan sarung di acara resmi. Masyarakat biasanya sering melihat orang nomor dua di Indonesia itu tidak pernah lepas dari sarungnya saat tampil di mana pun.

Ma'ruf kala itu terlihat berbeda dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam, celana hitam, kemeja putih, dasi merah, dan peci hitam khasnya. Selain kain surung, kai asal Banten itu juga terlihat tidak memakai sorban yang biasanya dikalungkan di lehernya.

4. Ahok juga hadir dalam pelantikan Jokowi-Mar'uf

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat PelantikanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kemudian, ada juga momen menarik lainnya ketika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menghadiri acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Dia hadir memakai setelan jas hitam berdasi merah. Ahok kala itu sempat melambaikan tangan ke arah wartawan dan juga menebar senyum saat ditanya soal kabinet.

“Menteri? Hahaha,” ucap Ahok sembari terawa, saat menanggapi pertanyaan wartawan soal kemungkinan dirinya masuk jajaran kabinet Jokowi-Ma'ruf.

5. Ma'ruf dan Jusuf Kalla berpelukan usai pelantikan

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat PelantikanKetua PMI Jusuf Kalla Dok. Female Radio

Momen haru juga terjadi pada saat pelantikan, yaitu ketika mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ma'ruf Amin berpelukan usai acara pelantikan. JK harus menyerahkan kursi jabatan sebagai wapres kepada Ma'ruf yang telah menggantikan posisinya.

Keduanya pun kompak mengenakan setelan jas berwarna hitam. Usai keduanya berpelukan, mereka saling melempar senyuman hangat satu sama lain.

6. Acara pelantikan dihadiri 19 kepala negara

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat PelantikanYouTube/IDN Times

Selain dihadiri pejabat negara, pelantikan Jokowi-Ma'ruf juga dihadiri 19 kepala negara. Mereka di antaranya Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Ada pula Raja eSwatini Raja Mswati III, Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio, Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok Wang Qishan, serta sejumlah utusan pemimpin negara lain.

Baca Juga: Mengingat Kembali 5 Program Prioritas Jokowi-Ma'ruf, Kamu Ingat Gak?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya