Comscore Tracker

Siap-siap! Jokowi Akan Beri Modal Rp2,4 Juta ke Jutaan Pedagang Kecil

Modal akan diberikan ke 12 juta pedagang kecil di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi memberikan bantuan modal kepada pedagang tersebut masing-masing sebesar Rp2,4 juta. Nantinya, Jokowi akan membagikan BMK kepada 12 juta pedagang kecil di Indonesia.

"Saya rasa ini bisa digunakan untuk tambahan modal kerja dan ini memang mau kita bagikan ke 12 juta pedagang-pedagang kecil yang ada di seluruh Tanah Air, dan Bapak, Ibu sangat beruntung yang pertama mendapat bantuan," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Jokowi Suntik UMKM Bantuan Modal Rp2,4 Juta, Kamu Punya Usaha Gak?  

1. Krisis tidak hanya dialami pedagang kecil, tapi juga perusahaan-perusahaan besar

Siap-siap! Jokowi Akan Beri Modal Rp2,4 Juta ke Jutaan Pedagang KecilPresiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (13/7/2020) (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Bantuan itu diberikan Jokowi kepada para pedagang kecil lantaran pandemik COVID-19 yang tengah melanda Indonesia. Ia mengungkapkan, karena adanya pandemik, penghasilan para pelaku UMKM berkurang 50 persen.

"Biasanya mungkin sehari bisa berjualan 500 ribu atau 800 ribu, sekarang hanya 200 ribu separuh atau sepertiganya, bener ya Bu? Atau sekarang sudah baik? Belum? Itulah memang kondisi yang kita alami," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, yang mengalami krisis bukan hanya pelaku UMKM saja, melainkan juga perusahaan-perusahaan bisnis besar.

"Ini yang mengalami tidak hanya yang kecil saja, yang tengah, yang gede juga mengalami hal yang sama karena pandemik virus corona," ungkapnya.

2. Jokowi berharap modal Rp2,4 juta bisa mendongkrak usaha pedagang kecil

Siap-siap! Jokowi Akan Beri Modal Rp2,4 Juta ke Jutaan Pedagang KecilPresiden Jokowi saat memberikan rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 7 Juli 2020 (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Oleh karena itu, Jokowi memberikan bantuan modal kerja ini untuk meringankan beban para pedagang kecil tersebut. Pria kelahiran Solo itu berharap, modal yang ia berikan bisa mendongkrang usaha mereka.

"Ini tolong Bapak, Ibu sekalian dipakai untuk tambahan modal kerja agar kita semua pada saat normal, usaha kita sudah terdongkrak dengan baik," tutur Jokowi.

3. Jokowi minta pelaku UMKM tetap bekerja keras di tengah pandemik corona

Siap-siap! Jokowi Akan Beri Modal Rp2,4 Juta ke Jutaan Pedagang KecilPresiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (13/7/2020) (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, bukan hanya Indonesia yang mengalami krisis akibat pandemik virus corona. Dia menyebut, 215 negara yang dilanda virus corona juga tengah mengalami krisis ekonomi.

Karena itu, Jokowi meminta agar para pelaku UMKM tak patah semangat dan terus bekerja keras untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia.

"Saya harap Bapak, Ibu tetap bekerja keras, sanggup ya? Dan untuk menuju ke sebuah keadaan yang normal kembali, kita memang masih butuh waktu. Oleh sebab itu, sekali lagi kita semua harus tetap bekerja keras, bertahan agar usaha kita tetap berjalan dengan baik," pesan Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Defisit APBN Makin Bengkak Jadi 6,38 Persen 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya