Comscore Tracker

Siapkan Ibu Kota Baru, Bappenas Bentuk Badan Khusus 

Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara jadi ibu kota baru

Jakarta, IDN Times - Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Kementeriannya akan membentuk badan khusus untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Ia mengatakan, badan tersebut lah yang nanti akan mengerjakan tentang pembangunan kota baru.

"Ya nanti akan dibentuk badan yang menangani pembangunannya sekaligus pemindahan. Jadi satu badan," kata Bambang di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Nantinya, dalam pemindahan ibu kota ini juga akan dibuat Rancangan Undang-Undang (RUU)-nya sendiri. RUU tersebut akan berisi tentang status baru Jakarta juga.

"Yang pasti satu UU mengenai ibu kota baru dan mungkin UU untuk Jakarta yang baru. Status Jakarta yang baru," ujar Bambang.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengumumkan lokasi ibu kota baru yang terletak di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Adapun biaya pembangunan ibu kota baru tersebut mencapai Rp466 triliun.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya