Siapkan Kader, PDIP Dorong Pemilihan Pimpinan MPR Seacara Aklamasi

PDIP sudah siapkan kandidat untuk jabatan strategis

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah menyiapkan kader-kadernya untuk  menempati posisi ketua MPR RI. Kursi jabatan ini memang sekarang menjadi rebutan partai koalisi pemerintahan dan oposisi.

Meski PDIP telah mempersiapkan kadernya, namun Hasto enggan memberitahu lebih jauh. Ia mengatakan koalisi partai masih akan membahas kursi pimpinan MPR.

Baca Juga: Bertemu Surya Paloh, PPP: Ada Sedikit Pembicaraan Pimpinan MPR

1. PDIP telah mempersiapkan kadernya untuk menduduki kursi ketua MPR

Siapkan Kader, PDIP Dorong Pemilihan Pimpinan MPR Seacara AklamasiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto mengatakan PDIP telah menyiapkan kader-kadernya untuk jabatan-jabatan strategis, di antaranya kursi ketua MPR. Tetapi, dia enggan menyebutkan siapakah kader yang akan dipersiapkan untuk menduduki jabatan-jabatan strategis tersebut.

"Apapun sebagai partai yang dipercaya rakyat, PDI Perjuangan juga mempersiapkan kader-kader yang terbaik untuk masuk di dalam jabatan strategis sebagai ketua MPR," ujar Hasto di Kantor GMNI, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

2. PDIP masih membahas kandidat yang akan menduduki kursi ketua MPR RI

Siapkan Kader, PDIP Dorong Pemilihan Pimpinan MPR Seacara AklamasiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto menerangkan, posisi ketua DPR RI memang sudah menjadi jatah PDIP sebagai partai pemenang Pemilu 2019. Sementara, untuk kursi ketua MPR akan dilakukan dengan sistem paket, sehingga harus melalui musyawarah bersama terlebih dahulu.

"Tetapi kita ada dialog, ada ruang kerja sama," ucap dia.

3. PDIP akan dorong pemilihan pimpinan MPR melalui aklamasi

Siapkan Kader, PDIP Dorong Pemilihan Pimpinan MPR Seacara AklamasiIDN Times/Auriga Agustina

Hasto juga mengaku PDIP akan mendorong pemilihan paket pimpinan MPR secara aklamasi dalam sidang paripurna. Menurut dia, aklamasi merupakan bagian dari sistem demokrasi yang mengedepankan kesatupaduan antara anggota DPR dan DPD RI.

"Aklamasi bukan sesuatu hal yang salah. Itu suatu hal yang menunjukkan kebulatan sikap dari semua anggota DPR dan DPD di dalam MPR itu," kata dia.

Baca Juga: Ini Nama Calon Ketua MPR dari PDIP dan Gerindra

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You