Siapkan Nama-Nama Kepala IKN, PDIP: Ahok Punya Kepemimpinan yang Baik

Risma dan Azwar Anas diminta fokus pada jabatannya sekarang

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini partainya sudah menyiapkan nama-nama untuk dijadikan kandidat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun terkait nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sebelumnya disebut-sebut berpeluang jadi kepala otorita, Hasto menuturkan bahwa sosok Ahok memang memiliki kepemimpinan yang baik.

"PDIP punya nama-nama calon yang memenuhi syarat untuk itu, termasuk Pak Basuki Tjahaja Purnama. Beliau juga punya kepemimpinan yang cukup baik selama menjadi wakil gubernur dan gubernur di Jakarta," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Megawati Sudah Dialog dengan Jokowi soal Kepala Otorita IKN

1. Hasto minta Risma dan Azwar Anas fokus pada jabatannya saat ini

Siapkan Nama-Nama Kepala IKN, PDIP: Ahok Punya Kepemimpinan yang BaikMenteri Sosial Tri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Selain nama Ahok, terdapat nama-nama lain dari PDIP yang digadang-gadang jadi kandidat Kepala Otorita IKN Nusantara seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dan mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Terkait kedua nama itu, Hasto meminta keduanya sebaiknya fokus menjalankan jabatan yang diemban saat ini.

"Bu Risma, Beliau sudah ditugaskan sebagai Menteri Sosial, kemudian Pak Azwar Anas juga sudah menjadi pimpinan di LKPP, sehingga dengan adanya tugas-tugas yang diberikan oleh Presiden Jokowi dapat dijalankan sebaik-baiknya," jelas Hasto.

2. PDIP yakin siapa pun yang dipilih Jokowi akan memenuhi kualifikasi

Siapkan Nama-Nama Kepala IKN, PDIP: Ahok Punya Kepemimpinan yang BaikSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kendati begitu, Hasto meyakini siapa pun yang dipilih oleh Jokowi nanti akan memenuhi kriteria Kepala Otorita IKN Nusantara. Dia menyebut, calon Kepala Otorita IKN Nusantara tentunya harus memahami tentang tata kota yang baik.

"Jadi saya mendengar ada banyak nama yang telah disaring, dipertimbangkan oleh Bapak Presiden dan PDI Perjuangan meyakini, siapa pun yang ditetapkan itu memenuhi kualifikasi yang diharapkan PDIP," jelas Hasto.

3. Jokowi pilih Nusantara sebagai nama IKN

Siapkan Nama-Nama Kepala IKN, PDIP: Ahok Punya Kepemimpinan yang BaikPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah sudah menetapkan Nusantara sebagai nama IKN.

“Mengenai nama ibu kota, memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan surpres (surat presiden) itu, tapi kemudian ditahan dan ini saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu dan Beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Suharso menjelaskan, Nusantara dipilih menjadi nama ibu kota negara karena dianggap sudah dikenal oleh masyarakat. Sehingga Nusantara diharapkan tidak menjadi pertentangan di masyarakat.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi soal Kepala Otorita IKN: Kepala Daerah-Arsitek, Ridwan Kamil?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya