Siapkan Program Keumatan, Koalisi Jokowi Buka Masukan Tokoh Masyarakat

Koalisi Jokowi juga siap menerima masukan dari ormas Islam

Jakarta, IDN Times - Partai koalisi Joko 'Jokowi' Widodo akan mulai merumuskan visi dan misi sesuai program Nawacita yang telah diusung sebelumnya. Dalam penajaman visi dan misi tersebut, koalisi Jokowi mulai membuka masukan dari tokoh masyarakat yang ingin memberikan saran.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arsul Sani mengatakan koalisi Jokowi tengah membuka masukan dari tokoh masyarakat. Koalisi Jokowi akan mulai datang ke semua organisasi masyarakat (ormas) keagamaan untuk meminta masukan.

"Ormas keagamaan itu misalnya di Islam MUI (Majelis Ulama Indonesia), selain NU (Nahdlatul Ulama) dan Muhammadiyah, kita juga akan bicara. Tadi sepakat juga misalnya kita juga mendengar dari teman-teman, misalnya FPI dan sebagainya," kata Arsul di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin malam (7/8).

1. Jokowi telah menerima banyak masukan dari tokoh masyarakat

Siapkan Program Keumatan, Koalisi Jokowi Buka Masukan Tokoh MasyarakatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Arsul menjelaskan selama enam bulan belakangan ini, Jokowi memang cukup intensif berkomunikasi dengan para alim ulama dan tokoh agama, bukan hanya dari Islam, melainkan agama lain juga.

"Selama proses-proses itu, sebetulnya Pak Jokowi sudah menerima banyak masukan, termasuk keluhan dan komplain," kata Arsul bersama para sekjen partai koalisi Jokowi di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (7/8).

Dari situ lah, kata Arsul, Jokowi memberikan catatan kepada tim yang sedang menyusun Nawacita II. "Dan itulah yang antara lain dipresentasikan kepada kami," kata dia.

Baca Juga: Ini Hasil Pertemuan Koalisi Jokowi, Salah Satunya Siapkan 225 Jubir

2. Koalisi Jokowi juga akan meminta masukan dari ormas Islam

Siapkan Program Keumatan, Koalisi Jokowi Buka Masukan Tokoh MasyarakatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Arsul, koalisi Jokowi juga nantinya akan mulai berkomunikasi dengan organisasi masyarakat (Ormas) Islam yang berbadan hukum di Indonesia.

"Jadi itu tentu kami akan komunikasikan. Tapi detailnya kapan dan bagaimana akan kami atur lagi," kata dia.

3. Sekjen koalisi Jokowi intens bertemu

Siapkan Program Keumatan, Koalisi Jokowi Buka Masukan Tokoh MasyarakatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hingga hari ini, Arsul menerangkan, para sekjen partai pendukung Jokowi terus intens melakukan komunikasi satu sama lain. Terutama, saat menjelang pendaftaran Pilpres 2019.

"Ada, ini tiap saat kami (sekjen) ketemu. Ini kan ketemu terus. Di Cemara lah sementara markas kami," terang dia.

Kalau masukan dari warga biasa boleh gak Pak?

Baca Juga: Datangi KPU, 9 Sekjen Koalisi Jokowi Konsultasi Pendaftaran Capres

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya