Comscore Tracker

Sibuknya Paspampres Atur Kursi untuk Pejabat Jelang Pemakaman Habibie

Jenazah Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata

Jakarta, IDN Times - Menjelang upacara pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9), semua persiapan prosesi pemakaman tentu harus sempurna.

Karena itu, sejak Kamis pagi petugas upacara dari Polri dan TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU) sibuk gladi bersih. Pasukan Pengamanan Presiden (Pasmpres) di lokasi juga terlihat begitu sibuk.

Paspampres yang bertugas terlihat sibuk mengatur tempat duduk tamu undangan. Mereka berkoordinasi satu sama lain mengatur tempat duduk tokoh-tokoh negara yang akan hadir. Tidak hanya itu, mereka juga memastikan kursi-kursi yang akan diduduki tamu nyaman dan tidak goyang. Sesekali mereka terlihat berdebat terkait posisi kursi-kursi tersebut. 

"Ini tempatnya Megawati, yang ini 4 kursi untuk SBY," kata mereka berkoordinasi satu sama lain.

Beberapa kali mereka merapatkan kursi dan ikut menempel nama-nama tokoh di kursi-kursi tersebut. Mereka memastikan agar prosesi pemakaman berjalan lancar.

BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Jenazah rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Timur, Kamis (12/9) siang.

Upacara pemakaman dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo. Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, almarhumah Ainun Habibie.

Baca Juga: Mahfud MD: BJ Habibie Berotak Jerman Berhati Makkah

Topic:

  • Sunariyah

Just For You