Comscore Tracker

Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Minta Menteri Hadir Saat Menko Rapat

Jokowi catat para menteri yang tak hadir saat menko rapat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan para menterinya untuk selalu hadir rapat ketika Menteri Koordinator (Menko) menggelar rapat. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka sidang kabinet perdana, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa gol pemerintah ke depannya adalah membangun lapangan kerja yang banyak, sehingga para menterinya harus memahami masalah yang ada di lapangan.

1. Jokowi: Kerja kita adalah kerja tim

Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Minta Menteri Hadir Saat Menko RapatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi menyampaikan di hadapan para menterinya bahwa kerja di pemerintahan adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri. Menurut dia, dalam membangun negara tidak mungkin para menteri berjalan sendiri-sendiri.

"Kerja kita adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri. Bukan kerja sektoral. Ini membangun sebuah negara besar, gak mungkin menteri berjalan sendiri-sendiri. Kerja tim," ujar Jokowi.

Baca Juga: Pendana Rp700 Juta dalam Upaya Penggagalan Pelantikan Jokowi, Diciduk

2. Jokowi catat para menteri yang tak hadir saat menko gelar rapat

Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Minta Menteri Hadir Saat Menko RapatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan agar para menterinya tidak membolos saat Menko menggelar rapat. Hal tersebut akan menjadi catatan dia ke depannya.

"Saya juga baru dengar. Bagaimana kita bisa mengkonsolidasi, koordinasi, diundang rapat oleh menko tidak pernah hadir. Hal seperti ini yang harus saya garis bawahi. Sekali lagi, kerja tim," tegas Jokowi lagi.

3. Jokowi ingatkan menterinya untuk perhatikan masalah terkait lapangan kerja

Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Minta Menteri Hadir Saat Menko RapatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Jokowi juga mengungkapkan bahwa salah satu gol pemerintahan ke depan adalah menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, tambah Jokowi, semua kementerian harus memahami permasalahan di lapangan yang terkait lapangan kerja.

"Jangan sampai ada kementerian-kementerian, provinsi, kabupaten/kota, yang tidak mengerti masalah ini. Jadi setiap hal yang berkaitan dengan cipta lapangan kerja berikan ruang sebaik-baiknya. Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya," terang Jokowi.

Baca Juga: Apa Itu Omnibus Law yang Diucapkan Dalam Pidato Jokowi?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya