Sidang Tahunan MPR, Megawati Hadir SBY Kemana?

Jokowi pidato tahunan sebanyak tiga kali

Jakarta, IDN Times - Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) digelar hari ini, Jumat (16/8), di Gedung DPR/MPR RI. Dalam sidang tahunan ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan pidato tahunannya sebanyak tiga kali.

Dalam sidang tahunan tersebut, para mantan pemimpin negara juga turut hadir. Mulai dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz, dan istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah.

Namun, dalam sidang tahunan MPR kali ini, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlihat tak hadir. Hal ini sama seperti sidang tahunan MPR tahun lalu, SBY juga tidak hadir. Tetapi kehadiran SBY hari ini diwakilkan oleh putra keduanya, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Rangkaian acara hari ini terdiri dari 3 bagian. Menurut jadwal MPR, pada pukul 08.00 WIB, Jokowi memulai pidato pertama. Pada pukul 10.00 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 RI, serta pukul 14.00 WIB Jokowi akan menyampaikan pidato mengenai RUU APBN tahun 2020.

Selain Jokowi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang, juga akan menyampaikan pidato mereka. Sidang MPR pun digelar di Gedung Kura-kura.

Jokowi juga dikabarkan akan mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia di Sidang MPR ini. Hal tersebut disampaikan Jokowi secara langsung di hadapan forum pemimpin redaksi media, di Istana Merdeka, Rabu (14/8).

Baca Juga: [LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Jokowi Beri Kejutan Apa?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya