Comscore Tracker

Soal Vaksinasi Mandiri, Jokowi: Jika Dibayar Perusahaan, Kenapa Tidak?

Pemerintah masih godok isu vaksinasi mandiri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan sinyal kepada para pengusaha soal vaksinasi mandiri. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2021, pada Kamis (21/1/2021).

Dalam pidatonya itu, Jokowi mengatakan bahwa vaksinasi di Indonesia harus segera dilakukan dengan cepat. Ia menuturkan, pemerintah juga tengah menggodok rencana soal vaksinasi mandiri.

1. Jokowi sebut pemerintah masih menggodok soal rencana vaksinasi mandiri

Soal Vaksinasi Mandiri, Jokowi: Jika Dibayar Perusahaan, Kenapa Tidak?Presiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan, program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah harus segera dilakukan. Ia lalu mengatakan pemerintah juga sedang menggodok rencana vaksinasi mandiri.

"Ada yang bertanya bagaimana mempercepat lagi, tanya perusahaan menyampaikan, pak bisa gak vaksin mandiri? Ini yang baru kita akan putuskan, karena apa kita perlu mempercepat perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biayanya ditanggung perusahaan sendiri, kenapa tidak?" ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Harian Kompas.

Baca Juga: Indonesia Menanti Kiriman Vaksin COVID-19 Gratis dari COVAX

2. Vaksin mandiri harus beda merek dengan yang gratis

Soal Vaksinasi Mandiri, Jokowi: Jika Dibayar Perusahaan, Kenapa Tidak?Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski begitu, Jokowi menyebut isi vaksinasi mandiri harus dipikirkan dengan matang. Sebab, pelaksanaan vaksinasi dan merek vaksin harus berbeda dengan yang gratis.

"Tetapi sekali lagi harus kita kelola isu ini dengan baik, mungkin bisa diberikan asal mereka vaksinnya berbeda. Tempat untuk melakukan vaksin juga berbeda bisa dilakukan," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta.

3. Menkes Budi sebut vaksinasi mandiri masih wacana

Soal Vaksinasi Mandiri, Jokowi: Jika Dibayar Perusahaan, Kenapa Tidak?Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Sementara, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sempat mengatakan proses vaksinasi COVID-19 mandiri atau biaya sendiri masih sebatas wacana. Pemerintah masih belum memutuskan hal itu.

"Vaksin mandiri baru wacana belum diputuskan. Wacana ini ada saat rapat DPR, itu ditanya sama temen-temen DPR, saya masih mendengarkan dan terbuka untuk berdiskusi,” kata Budi di webinar “Ngobrol Seru” by IDN Times yang dihadiri Rektor Universitas IPB Arif Satria dan Ketua Crisis Center IPB Dodik Ridho Nurrochmat, dipandu Pemimpin Redaksi IDN Times Uni Lubis, Minggu, 17 Januari 2021.

Budi menjelaskan, saat ini pemerintah masih fokus untuk melakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan. Namun begitu, ia juga mengaku akan terbuka untuk mendiskusikan wacana vaksinasi mandiri.

“Kita konsentrasi dulu ke nakes (tenaga kesehatan). Kalau buat saya mendengarkan saja gak ada yang baik, gak ada yang buruk. Kita fokus bagaimana secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya orang divaksinasi dengan sekecil-kecilnya menyerap anggaran negara,” ujar dia.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Golongan Peserta Mandiri Vaksin COVID-19

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya