Comscore Tracker

Staf Khusus Jokowi Dibagi Jadi 3 Gugus, Kenapa?

Jokowi berpesan kepada staf khususnya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah memberikan tugas kepada para staf khususnya. Bagi staf khusus millennial, Jokowi akan menjadikan mereka teman diskusi untuk berbagai inovasi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, pembagian tugas dibuat menjadi tiga gugus.

"Kita juga bicara tentang pembagian tugas di antara stafsus presiden. Jadi kita ingin stafsus presiden bekerja secara efektif," ujar Ari di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Baca Juga: Bela Billy Mambrasar, Jokowi Minta Warganet Maafkan Staf Khususnya

1. Gugus satu akan berkomunikasi dengan media dan publik

Staf Khusus Jokowi Dibagi Jadi 3 Gugus, Kenapa?(Presiden Jokowi memperkenalkan Staf Khusus Presiden baru yang terdiri dari anak-anak muda berprestasi di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11/2019)) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Gugus pertama, kata Ari, bertugas di bidang komunikasi. Nantinya, gugus pertama akan banyak berinteraksi dengan awak media dan publik.

"Berkaitan dengan bidang politik pemerintahan, Bung Fadjroel sudah sering berinteraksi dengan Anda. Kemudian ada Bu Dini Purwono, staf khusus yang nanti akan berdiskusi berkaitan dengan bidang hukum," kata Ari.

Untuk bidang ekonomi akan dipegang oleh Arif Budimanta. Sementara Angkie Yudistia, akan memegang bidang sosial.

2. Gugus dua akan berkomunikasi dengan kelompok-kelompok strategis

Staf Khusus Jokowi Dibagi Jadi 3 Gugus, Kenapa?(Presiden Jokowi mengumumkan staf khusus baru yang terdiri dari millennials) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lalu untuk gugus kedua, tidak hanya ditugaskan berkomunikasi dengan media saja, melainkan juga dengan kelompok-kelompok strategis. Di gugus dua terdapat Sukardi Rinakit, Diaz Hendropriyono, Aminuddin Maruf, serta Anggit Nugroho.

"Pak Anggit selain dia sebagai stafsus dan Sekretaris Pribadi Presiden, juga diberi tugas untuk banyak berkomunikasi dengan kelompok strategis," ucap Ari.

3. Stafsus millennial akan fokus sebagai teman diskusi Jokowi

Staf Khusus Jokowi Dibagi Jadi 3 Gugus, Kenapa?Staf Khusus Presiden memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 20 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sedangkan gugus ketiga, akan diisi oleh staf khusus millennial. Nantinya, kata Ari, staf khusus muda itu akan fokus menjadi teman diskusi Jokowi.

"Teman-teman muda kita, stafsus millennial yang banyak berdiskusi tentang gagasan-gagasan inovatif termasuk juga menjadi jembatan antara Presiden dan kelompok millennial," jelasnya.

4. Jokowi berpesan agar staf khususnya kerja kolaboratif

Staf Khusus Jokowi Dibagi Jadi 3 Gugus, Kenapa?ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Tak hanya membagi tugas para staf khusus, Ari juga menyampaikan pesan Jokowi. Ia mengatakan, Jokowi berpesan agar para staf khusus bisa bekerja secara kolaborasi.

"Beliau memberikan pesan kami bekerja juga sebagai tim, sehingga kita berkolaborasi, tidak hanya di Istana tetapi juga di luar Istana," tutur Ari.

Baca Juga: Jadi Staf Khusus Jokowi, Ayu Kartika Tak Tahu Akan Digaji Rp51 Juta 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You