Stafsus Millennial Harap Pemda Memulai Vaksinasi Kaum Disabilitas

Kaum disabilitas masuk ke kelompok rentan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Millennial Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Angkie Yudistia, mengharapkan pemerintah daerah melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi kaum disabilitas. Sebab, kata dia, kaum disabilitas masuk ke dalam kategori rentan COVID-19, sehingga harus mendapatkan vaksin prioritas.

"Kita tahu bahwa teman-teman disabilitas adalah kelompok rentan. Yang di mana kelompok rentan ini sangat rentan sekali terpapar COVID-19. Jadi jangan sampai saat terpapar COVID-19. Jadi butuh perhatian sangat ekstra," kata Angkie, Jumat (16/4/2021).

1. Ada 30 juta jiwa penyandang disabilitas

Stafsus Millennial Harap Pemda Memulai Vaksinasi Kaum DisabilitasIlustrasi vaksin atau jarum suntik. IDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Menipis, Menkes Atur Prioritas Vaksinasi untuk Lansia

Angkie menjelaskan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 30 juta jiwa. Sehingga, ia berharap mereka bisa segera mendapatkan vaksin COVID-19 untuk menambah kekebalan tubuh.

"Kita berharap sih semaksimal, semampunya masing-masing Pemda untuk bisa handle vaksinasi terhadap teman-teman disabilitas," ucap dia.

2. Jakarta mulai penyuntikan vaksin bagi kaum disabilitas

Stafsus Millennial Harap Pemda Memulai Vaksinasi Kaum Disabilitasilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Angkie mengungkapkan DKI Jakarta sudah mulai memberikan penyuntikan vaksin virus corona kepada para penyandang disabilitas, jumlahnya mencapai 2.000 orang. Dengan adanya hal itu, ia berharap pemerintah daerah lainnya mengikuti jejak Ibu Kota.

"Tadi kita berkoordinasi dengan Pak Menteri (Kesehatan). Pak Menteri mengatakan bahwa memang ini kelompok rentan ini ada di tahap ketiga. Tapi kita harap, dengan selesainya lansia, kita bisa ke kelompok rentan," tutur Angkie.

3. Angkie ajak kolaborasi agar target vaksinasi untuk kaum disabilitas terpenuhi

Stafsus Millennial Harap Pemda Memulai Vaksinasi Kaum DisabilitasStaf Khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Guna mendukung program vaksinasi terhadap penyandang disabilitas, Angkie mengajak kolaborasi untuk ditingkatkan. Hal itu guna melindungi juga para kaum disabilitas.

"Jadi kita membutuhkan kolaborasi bersama. Karena jumlah disabilitas banyak banget. Jadi kita harap berapa targetnya semaksimal Pemda bisa berikan vaksinasi ke teman-teman disabilitas," ungkap Angkie.

Baca Juga: Gencar Isu Reshuffle Jilid II, Stafsus Millennial: Hak Presiden Jokowi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya