Comscore Tracker

Suasana Baru! Jokowi Kini Gelar Acara di Halaman Istana Merdeka

Sudah tiga kali acara kepresidenan digelar di halaman Istana

Jakarta, IDN Times - Suasana baru tampak pada setiap acara Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, akhir-akhir ini.

Sejak lonjakan kasus COVID-19 semakin meningkat, Presiden Jokowi sudah tak pernah lagi terlihat menggelar acara di dalam Istana Negara. Sebaliknya, acara dilakukan di ruang terbuka yakni di halaman depan Istana Merdeka.

Sudah tiga kali acara kepresidenan selalu digelar di halaman Istana Merdeka. Setiap acara berlangsung, kemegahan Istana Kepresidenan terlihat jelas. Selain itu, rerumputan hijau dan air mancur di halaman Istana Merdeka juga membuat suasana semakin berbeda.

Bukan tanpa alasan, ternyata pihak Istana yang menyiapkan acara Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka. Lalu, apa alasan Istana selalu menggelar acara presiden di halaman Istana Merdeka belakangan ini?

Baca Juga: Jokowi Gelontorkan Rp1,3 Triliun untuk Hancurkan Limbah Medis COVID-19

1. Kasus COVID-19 meningkat jadi alasan acara Presiden banyak digelar di halaman Istana Merdeka

Suasana Baru! Jokowi Kini Gelar Acara di Halaman Istana MerdekaPresiden Jokowi melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Melihat lonjakan kasus COVID-19, pihak Istana pun mengubah latar dari acara-acara yang dihadiri Presiden Jokowi. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartanto mengatakan, di tengah lonjakan kasus saat ini memang lebih aman apabila menggelar acara di ruang terbuka.

Oleh karena itu, apabila acara presiden dihadiri tamu yang cukup banyak, maka akan digelar di halaman Istana Merdeka.

“Tentunya outdoor lebih baik di masa pandemik ini. Ada sirkulasi udara,” ujar Heru saat dihubungi IDN Times, Jumat (30/7/2021).

2. Acara digelar di halaman Istana Merdeka untuk menunjukkan kemegahan Istana Kepresidenan

Suasana Baru! Jokowi Kini Gelar Acara di Halaman Istana MerdekaPresiden Jokowi meresmikan peluncuran obat untuk pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri secara gratis pada Kamis (15/7/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, pihak Istana punya alasan lain kenapa lebih sering menggelar acara di halaman Istana Merdeka baru-baru ini. Mereka menilai dengan menggelar acara di halaman Istana Merdeka, maka kemegahan Istana Kepresidenan akan tampak jelas terlihat.

“Di halaman Istana lebih bagus tata cahaya dan background mencirikan Istana,” tutur Heru.

Tak hanya itu, Heru juga mengatakan, jika ke depan ada pelantikan yang harus dilakukan di Istana, tidak menutup kemungkinan juga akan digelar di halaman Istana Merdeka.

3. Presiden Jokowi sudah tiga kali gelar acara di halaman Istana Merdeka

Suasana Baru! Jokowi Kini Gelar Acara di Halaman Istana MerdekaPresiden Jokowi melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sekadar informasi, acara Presiden Jokowi di Istana saat ini memang lebih banyak digelar di halaman Istana Merdeka. Awalnya, acara di halaman Istana Merdeka mulai dilakukan saat Presiden melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2021, pada 8 Juli. Selain dihadiri secara fisik oleh sejumlah menteri dan atlet, acara tersebut juga dihadiri secara virtual oleh peserta lainnya.

Lalu, acara di halaman Istana Merdeka kembali digelar saat Presiden Jokowi meluncurkan paket obat gratis untuk pasien isolasi mandiri pada 15 Juli lalu. Acara tersebut hanya dihadiri tiga orang perwakilan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Terbaru, Presiden Jokowi menggelar acara pembagian bantuan presiden atau banpres produktif kepada pelaku usaha mikro di halaman Istana Merdeka. Acara yang digelar padaJumat (30/7/2021) ini hanya dihadiri beberapa perwakilan pelaku usaha mikro dan dihadiri juga secara virtual.

Baca Juga: Hore! Presiden Jokowi Bagikan Banpres Rp15,3 Triliun 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya