Tekan Kasus COVID-19, Moeldoko: Pemerintah Bekerja Habis-habisan

Evaluasi penanganan COVID-19 dilakukan setiap minggu

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan pemerintah akan bekerja habis-habisan untuk menekan jumlah kematian akibat virus corona atau COVID-19. Sebab hingga hari ini jumlah kematian akibat virus corona masih tinggi, yakni 3.710 orang.

"Kalau itu menjadi titik prioritas, maka pemerintah dengan segala cara akan bekerja habis-habisan untuk mengurangi jumlah kematian. Jumlah korban dan jumlah kematian," kata Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2020).

1. Kasus positif bertambah karena yang diperiksa semakin banyak

Tekan Kasus COVID-19, Moeldoko: Pemerintah Bekerja Habis-habisanDok. Kantor Staf Presiden

Berdasarkan CFR (case fatality rate) yang ditampilkan oleh Our World in Data, kasus kematian Indonesia berada di posisi 6 dunia, yaitu 4,76 persen dari total kasus. Sementara di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat pertama kasus kematian tertinggi akibat COVID-19.

Moeldoko mengatakan pemerintah akan bekerja maksimal untuk menekan angka kematian pasien COVID-19. Mantan Panglima TNI itu menyinggung bahwa kenaikan kasus di Indonesia lantaran tes COVID-19 yang terus meningkat. Sehingga ada pelonjakan kasus.

"Nah sekarang ada kecenderungan kelihatannya meningkat itu temuan kasus positif. Itu memang berbanding lurus dengan jumlah rapid atau swab test yang dilakukan. Semakin banyak, maka akan menemukan semakin banyak (temuan kasus)," tutur Moeldoko.

2. Perkembangan COVID-19 dievaluasi setiap pekan

Tekan Kasus COVID-19, Moeldoko: Pemerintah Bekerja Habis-habisanDok. Kantor Staf Presiden

Moeldoko menyampaikan setiap minggu Presiden Joko "Jokowi" Widodo selalu menggelar rapat terbatas tentang penanganan COVID-19. Dalam rapat tersebut Jokowi mengevaluasi perkembangan virus corona di daerah-daerah.

"Awal-awal dulu bisa dua kali ya, sekarang Gugas Tugas sudah semakin optimum, maka seminggu sekali untuk ikuti perkembangan dari waktu ke waktu," ucapnya.

3. Pemerintah tetapi melakukan upaya tracing dan isolasi untuk pengendalian

Tekan Kasus COVID-19, Moeldoko: Pemerintah Bekerja Habis-habisanKepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menghadiri Webinar series "Leadership in The Time of Crisis" yang diselenggarakan Universitas Paramadina, Kamis 11 Juni 2020 (Dok.Kantor Staf Presiden)

Menurut Moeldoko, hingga kini pemerintah masih terus melakukan pengendalian COVID-19 dengan melakukan tracing dan isolasi. Ia mengatakan, langkah-langkah itu sudah menjadi perhatian pemerintan.

"Jadi kalau memang ada penambahan, penambahan jumlah korban itu menjadi titik perhatian yang serius," kata Moeldoko.

Baca Juga: Moeldoko: Jokowi Marah-marah Usai Melihat Indeks Ekonomi Dunia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya