Comscore Tracker

Terbang ke NTT, Jokowi Akan Tinjau Lokasi Bencana

Jokowi didampingi Menteri PUPR

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (9/4/2021) pagi. Rencananya, Jokowi akan meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor.

"Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka," tulis keterangan  Sekretariat Presiden, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di NTT Ditunda karena Bencana Alam

1. Jokowi ke NTT didampingi Menteri Basuki Hadimuldjono dan Pramono Anung

Terbang ke NTT, Jokowi Akan Tinjau Lokasi BencanaPresiden Jokowi berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju NTT antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Kemudian, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

2. Jokowi menyalurkan bantuan presiden untuk korban bencana

Terbang ke NTT, Jokowi Akan Tinjau Lokasi BencanaPresiden Jokowi berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, pasukan TNI sudah diterjunkan Presiden Jokowi untuk mengangkut dan mendistribusikan bantuan presiden. Pada Selasa, 6 April 2021, bantuan presiden tahap pertama sejumlah 5.000 paket sembako telah diberangkatkan, sebagian diangkut menggunakan Hercules TNI AU dan sisanya dengan Kapal Perang TNI AL menuju daerah bencana.

Tercatat 3.500 paket sembako telah tiba di Kabupaten Adonara dan Lembata. Bantuan langsung dibagikan ke warga terdampak bencana. Lalu, sebanyak 10.000 sembako bantuan presiden segera dikirim, namun menunggu kesiapan alat transportasinya.

Selain NTT, Jokowi juga mengirimkan bantuan 13.000 paket sembako ke daerah terdampak bencana di Kabupaten Bima, Provinsi NTB.

3. Gubernur NTT sudah tetapkan status tanggap darurat

Terbang ke NTT, Jokowi Akan Tinjau Lokasi BencanaSejumlah rumah dan kendaraan rusak akibat banjir bandang di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). (ANTARA FOTO/BPBD Flores Timur)

Sebagaimana diketahui, Kota Kupang dan 21 kabupaten di Provinsi NTT dilanda sejumlah bencana akibat siklon tropis Seroja sejak 2 April sampai 5 April 2021. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat telah menetapkan status tanggap darurat terhitung mulai 6 April sampai 5 Mei 2021.

Sementara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga Rabu, 7 April 2021 pukul 20.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia akibat banjir bandang dan tanah longsor di NTT sebanyak 138 orang.

"Total korban meninggal yang telah ditemukan jasadnya mencapai 138 orang, sementara 61 orang hilang," ujar Kepala BNPB Doni Monardo, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu.

Baca Juga: Mukjizat, Balita Ditemukan Masih Hidup Meski Tertimbun Lumpur di NTT 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya